Metamorphosys

LinkedIn adalah platform canggih bagi para profesional, bisnis, dan pemasar B2B untuk terhubung, berjejaring, dan menunjukkan keahlian mereka. Seiring dengan berkembangnya platform, penting bagi merek untuk mengembangkan strategi konten efektif yang selaras dengan fitur LinkedIn dan memenuhi kebutuhan dan minat penggunanya.

Apa itu Pemasaran LinkedIn?

Pemasaran LinkedIn adalah tindakan menggunakan LinkedIn untuk mempromosikan merek pribadi atau profesional Anda, memperluas jaringan Anda, meningkatkan keterpaparan, dan membangun kepercayaan. Pemasaran LinkedIn memiliki bentuk yang berbeda-beda saat digunakan untuk tujuan pribadi dan bisnis. Kedua strategi tersebut bertujuan untuk membangun jaringan dan membangun kredibilitas, namun pendekatan dan tujuannya dapat berbeda secara signifikan.

Penggunaan Bisnis

Bisnis menggunakan pemasaran LinkedIn untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan mereka kepada audiens yang ditargetkan. Strategi ini lebih berfokus pada perolehan prospek, penjualan, dan pemasaran konten. Pemasaran LinkedIn bisnis dapat mencakup pembuatan halaman perusahaan, memposting iklan pekerjaan, menunjukkan kepemimpinan pemikiran, dan berbagi konten bermanfaat.

Mengapa Pemasaran LinkedIn Penting? 

Meskipun LinkedIn dapat menjadi tempat yang bagus untuk menunjukkan keahlian, jaringan, membangun merek pribadi, dan mencari pekerjaan, LinkedIn sangat efektif untuk pemasaran bisnis-ke-bisnis (B2B).. data LinkedIn menunjukkan bahwa 93% pemasar konten B2B menggunakan LinkedIn untuk pemasaran sosial organik. Mengapa? Karena LinkedIn membantu bisnis menjangkau dan melibatkan audiens mereka lebih dari platform lain. Tujuh puluh tujuh persen pengguna mengatakan LinkedIn memberikan hasil organik terbaik. Yang mengesankan, pesan-pesan di platform ini, termasuk upaya penjangkauan dingin, memiliki tingkat keterbukaan empat kali lebih tinggi dibandingkan email.

Pada artikel ini, kita akan membahas strategi konten LinkedIn terbaik untuk tahun 2024 untuk membantu merek memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan mereka di platform.

  1. Tentukan Tujuan dan Target Audiens Anda

Sebelum mendalami pembuatan konten, penting untuk menentukan tujuan Anda dan mengidentifikasi audiens target Anda di LinkedIn. Apa yang ingin Anda capai dengan kehadiran LinkedIn Anda? Apakah Anda ingin menghasilkan prospek, membangun kepemimpinan pemikiran, atau meningkatkan kesadaran merek? Memahami tujuan Anda akan membantu membentuk strategi konten Anda. Selain itu, identifikasi audiens target Anda dan kebutuhan, tantangan, dan minat mereka. Informasi ini akan memandu Anda dalam membuat konten yang relevan dan berharga.

  1. Buat Konten yang Menarik dan Informatif

Pada tahun 2024, pengguna LinkedIn akan terus menghargai konten informatif dan menarik yang memberikan nilai dan wawasan. Fokus pada pembuatan konten yang mendidik, menginspirasi, dan memicu percakapan. Hal ini dapat mencakup tren industri, artikel kepemimpinan pemikiran, studi kasus, panduan cara kerja, dan tip yang dapat ditindaklanjuti. Gunakan teknik bercerita untuk membuat konten Anda menarik dan berkesan.

  1. Memanfaatkan Konten Video Asli

Video terus menjadi media yang ampuh untuk berinteraksi di media sosial, dan LinkedIn tidak terkecuali. Pada tahun 2024, konten video asli diperkirakan akan memainkan peran penting dalam ekosistem LinkedIn. Pertimbangkan untuk membuat dan berbagi video pendek yang memberikan informasi berharga, menunjukkan keahlian Anda, atau menyoroti budaya perusahaan Anda. Video asli cenderung berperforma lebih baik dan menerima keterlibatan lebih tinggi dibandingkan dengan tautan video eksternal.

  1. Rangkullah Cerita LinkedIn

LinkedIn Stories, mirip dengan fitur di platform media sosial lainnya, memungkinkan pengguna untuk berbagi konten sementara yang menarik. Cerita memberikan cara yang lebih santai dan autentik untuk terhubung dengan audiens Anda. Pada tahun 2024, bisnis harus memanfaatkan LinkedIn Stories dengan berbagi konten di balik layar, informasi terbaru tentang perusahaan, wawasan industri, dan tips singkat. Gunakan stiker, jajak pendapat, dan elemen interaktif untuk mendorong keterlibatan dan masukan dari audiens Anda.

  1. Mendorong Advokasi Karyawan

Advokasi karyawan adalah strategi ampuh untuk memperluas jangkauan dan kredibilitas merek Anda di LinkedIn. Dorong karyawan Anda untuk berbagi dan terlibat dengan konten perusahaan Anda. Ini dapat mencakup berbagi postingan blog, berita industri, dan pembaruan perusahaan. Manfaatkan jaringan karyawan Anda untuk memperkuat pesan Anda dan meningkatkan visibilitas.

  1. Berpartisipasi dalam Kelompok dan Diskusi

Grup LinkedIn memberikan peluang berharga untuk terhubung dengan para profesional dan pakar industri yang berpikiran sama. Bergabunglah dengan kelompok yang relevan dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan berbagi wawasan Anda, menjawab pertanyaan, dan menyediakan sumber daya yang berharga. Ini membantu membangun kepemimpinan pemikiran Anda dan memperluas jaringan Anda.

  1. Optimalkan Profil Anda dan Gunakan Hashtag

Pastikan profil LinkedIn Anda lengkap, profesional, dan dioptimalkan untuk pencarian. Gunakan kata kunci yang relevan, tunjukkan keahlian Anda, dan sertakan judul dan ringkasan yang menarik. Selain itu, manfaatkan hashtag untuk meningkatkan kemampuan konten Anda untuk ditemukan. Teliti dan gunakan hashtag khusus industri dan tren untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

  1. Tetapkan Jadwal Posting yang Konsisten

Konsistensi adalah kuncinya di LinkedIn. Kembangkan jadwal posting yang selaras dengan tujuan dan preferensi audiens Anda. Postingan yang konsisten membantu Anda tetap terlihat dan mempertahankan interaksi dengan audiens Anda. Gunakan analitik LinkedIn untuk menganalisis waktu terbaik untuk memposting dan melacak kinerja konten Anda. 9. Terlibat dengan Audiens Anda Membangun koneksi yang bermakna dan terlibat dengan audiens Anda adalah hal yang penting di LinkedIn. Tanggapi komentar, pesan, dan permintaan koneksi secara tepat waktu. Terlibat dengan konten pengguna lain dengan menyukai, berkomentar, dan berbagi wawasan berharga. Ini membantu membina hubungan dan menunjukkan keahlian dan minat Anda pada industri Anda.

  1. Terlibat dengan Audiens Anda

Membangun koneksi yang bermakna dan terlibat dengan audiens Anda adalah hal yang penting di LinkedIn. Tanggapi komentar, pesan, dan permintaan koneksi secara tepat waktu. Terlibat dengan konten pengguna lain dengan menyukai, berkomentar, dan berbagi wawasan berharga. Ini membantu membina hubungan dan menunjukkan keahlian dan minat Anda pada industri Anda.

  1. Mengukur dan Menganalisis Hasil

Terakhir, ukur dan analisis kinerja strategi konten LinkedIn Anda secara rutin. Gunakan analitik LinkedIn untuk melacak metrik seperti keterlibatan, jangkauan, dan tampilan profil. Identifikasi tren, pelajari keberhasilan dan kegagalan Anda, dan lakukan penyesuaian berdasarkan data untuk mengoptimalkan strategi Anda.

Pelajari Pesaing dengan Kehadiran LinkedIn yang Kuat

Memahami apa yang berhasil untuk bisnis serupa memberi Anda gambaran sebenarnya tentang apa yang mungkin berhasil juga untuk Anda. Sebelum Anda mulai memposting, teliti keberadaan pesaing Anda di LinkedIn. Begini caranya: Analisis profil LinkedIn pesaing untuk memahami branding dan positioning mereka Periksa strategi konten mereka, perhatikan jenis postingan, frekuensi, dan tingkat keterlibatan Amati bagaimana pesaing terlibat dengan audiens mereka melalui komentar dan pesan Analisis demografi pengikut pesaing Anda Tinjau lowongan pekerjaan pesaing untuk mendapatkan wawasan tentang peluang pertumbuhan dan budaya perusahaan Analisis penggunaan kata kunci dan hashtag di postingan pesaing Hadiri webinar atau acara langsung yang diselenggarakan oleh pesaing untuk mengukur kepemimpinan pemikiran dan keterlibatan komunitas mereka Setelah Anda menganalisis pesaing Anda, pertimbangkan bagaimana menggunakan informasi tersebut untuk menginspirasi kehadiran Anda di platform. Mungkin Anda melihat kesenjangan konten atau memikirkan sudut pandang berbeda tentang topik populer. Informasi ini akan membantu Anda menyesuaikan produksi konten Anda. Misalnya, Anda menjalankan agen pemasaran digital dan melihat pesaing sering kali mendapatkan banyak interaksi di video pendek mereka tentang praktik terbaik SEO. Namun, mereka jarang mendiskusikan strategi media sosial, sebuah bidang yang Anda punya banyak pengalaman di dalamnya. Gunakan informasi ini untuk menghasilkan serangkaian video pendek yang berfokus pada tips media sosial, mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pesaing Anda.

Kesimpulannya, strategi konten LinkedIn melibatkan pembuatan konten yang menarik dan informatif, memanfaatkan video dan LinkedIn Stories, mendorong advokasi karyawan, berpartisipasi dalam grup dan diskusi, mengoptimalkan profil Anda, menetapkan jadwal posting yang konsisten, terlibat dengan audiens Anda, dan mengukur hasil Anda. Dengan mengikuti strategi ini, merek dapat secara efektif memanfaatkan fitur LinkedIn dan terhubung dengan audiens target untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

 

Metamorphosys hadir untuk membantu bisnis B2B Anda berkiprah di media sosial, khususnys di LinkedIn dan meningkatkan eksistensinya untuk meraih peluang sebanyak-banyaknya dari dunia digital. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan, membuat website, jasa fotografi serta videografi, dan sebagainya. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

Penulis: Ryan Stevan


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =