Metamorphosys

Dalam dunia pemasaran digital, Facebook Ads dan Google Ads adalah dua platform utama yang sering digunakan oleh banyak usaha untuk mencapai target audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Meskipun keduanya sangat efektif, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain itu, penggunaan Facebook Ads dan Google Ads harus disesuaikan dengan jenis produk yang dijual atau ditawarkan kepada audience. Kali ini Metamorphosys akan berbagi kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini!

Facebook Ads beserta Kelebihannya

  • Pemilihan Target Audience yang Detil

Facebook Ads menawarkan penargetan yang sangat detail berdasarkan demografi, minat (Interest), perilaku (Behavior), dan lokasi. Kamu dapat menjangkau audiens yang sangat spesifik yang sesuai dengan profil pelanggan yang paling ideal.

  • Visual Membuat Iklan Jadi Menarik

Facebook mendukung berbagai format iklan seperti gambar, video, carousel, dan koleksi (collection). Penggunaan visual memungkinkan kamu untuk membuat iklan yang menarik secara looks dan lebih menarik perhatian pengguna.

  • Biaya yang Terjangkau

Secara umum, biaya per klik (CPC) di Facebook Ads cenderung lebih rendah dibandingkan dengan Google Ads, membuatnya lebih terjangkau bagi bisnis kecil dan menengah. Kamu bisa mulai beriklan mulai dari Rp 15.000 perhari rupiah loh!

  • Mengundang Interaksi dengan Audience

Facebook memungkinkan pengguna untuk menyukai, berkomentar, dan berbagi untuk iklan yang dilihatnya. Hal ini memberikan peluang untuk interaksi sosial dan membuat audience mudah untuk Engage dengan iklan yang kamu jalankan.

Kekuarangan Beriklan dengan Facebook Ads

  • Rendahnya Tingkat Konversi

Meskipun penargetan yang detail, tingkat konversi (penjualan atau target yang dituju) di Facebook Ads kadang-kadang bisa lebih rendah dibandingkan dengan Google Ads. Ini karena pengguna Facebook sering kali tidak berada dalam mode pembelian aktif. Selain itu, banyaknya akun Facebook yang tidak memiliki informasi pribadi yang lengkap membuat penargetan iklan terkadang bisa meleset dari apa yang ditargetkan. 

  • Fitur Rule Otomatis yang Kadang Eror 

Kamu bisa menentukan aturan atau rule iklan secara otomatis pada Facebook Ads. Namun kekurangannya adalah rule ini sering kali tidak berjalan karena adanya bug atau error. Kamu harus selalu melakukan monitor secara manual agar bisa menjalankan rule yang sudah kamu buat. Jadi pastikan jika kamu memasang rule, harus tetap memonitor dengan rutin, ya. 

  • Algoritma yang Sering Berubah

Algoritma Facebook perlu waktu untuk mempelajari dan mengoptimalkan kinerja iklan. Ini berarti kamu mungkin perlu beberapa waktu untuk melihat hasil yang optimal. Selain itu Facebook sering mengubah algoritma dan kebijakan iklan mereka, yang bisa mempengaruhi kinerja iklan kamu secara tiba-tiba. Jadi pastikan kamu selalu update dengan kebijakan iklan Facebook.

Google Ads Beserta Kelebihannya 

  • Nilai Konversi yang Tinggi

Google Ads memungkinkan kamu untuk menargetkan pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka cari. Ini berarti pengguna yang melihat iklan kamu sering kali berada dalam keinginan pembelian tinggi, yang dapat meningkatkan tingkat konversi.

  • Jaringan Media yang Luas

Google menawarkan penempatan iklan yang beragam, tidak hana dalam ekosistem google saja namun juga media-media lain. Dengan jaringan iklan yang luas, termasuk pencarian Google, YouTube, dan situs mitra, Google Ads menawarkan jangkauan audiens yang sangat besar dan meluas. 

  • Berbagai Jenis Format Iklan

Google Ads mendukung berbagai format iklan, termasuk teks, gambar, video, dan iklan belanja. Ini memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan iklan sesuai dengan tujuan campaign kamu.

  • Hasil yang Relatif Cepat

Google Ads sering kali memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan platform lain karena iklan dapat segera muncul dalam hasil pencarian begitu kampanye Kamu diluncurkan.

  • Pemilihan metode Budgeting yang Beragam

Google Ads memiliki metode pemilihan budget yang beragam yang bisa kamu gunakan dan pilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa menentukan strategi metode pemilihan budget yang efektif seperti Campaign Daily Budget, Shared Budget, Campaign Total Budget.

Kekurangan Beriklan dengan Google Ads 

  • Biaya yang Tinggi

Karena Google Ads menggunakan system Keyword dan setiap keyword memiliki biaya dan persaingan yang ketat, biaya per klik (Cost per Click) di Google Ads bisa sangat tinggi, terutama untuk kata kunci yang sangat kompetitif dan sering digunakan. Ini bisa membuatnya kurang terjangkau bagi bisnis skalla kecil.

  • Pengaturan Awal yang Rumit

Google Ads memiliki halaman pengaturan yang lebih kompleks dan memerlukan pemahaman yang baik tentang cara kerja sistem lelang (bidding), pemilihan kata kunci, dan penargetan. Kamu perlu mempelajari system Google Ads dengan detil sebelum mulai menjalankan iklan. 

  • Kata Kunci Menjadi Penentu

Kinerja iklan sangat bergantung pada pemilihan kata kunci yang tepat. Jika kata kunci tidak relevan atau terlalu umum, kinerja kampanye bisa tidak sesuai harapan. Maka penentuan kata kunci harus sesuai dengan iklan yang dijalankan.

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan beriklan di kedua Platform tersebut, kamu bisa menentukan metode iklan mana yang pas dengan usaha yang kamu jalankan. Untuk membantumu menjalankan iklan pada Facebook Ads atau Google Ads, berikut tips yang bisa kamu terapkan agar Iklan kamu bisa perform sesuai dengan harapan.

Tips Beriklan dengan Facebook Ads

  • Gunakan Fitur Lookalike Audiences

Fitur Lookalike Audiences memungkinkan kamu untuk menjangkau pengguna baru yang mirip dengan pelanggan yang sudah ada. Ini dapat meningkatkan relevansi dan efektivitas iklan kamu karena iklan ditargetkan dengan audience utama. 

  • Gunakan Konten dan Visual yang Menarik

Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi yang menarik perhatian. Konten yang menarik secara visual lebih mungkin untuk mengundang interaksi dan meningkatkan kinerja iklan. Sebaliknya, iklan dengan visual yang kurang engaging tidak terlalu menarik bagi audience. Karena pada Facebook, Visual iklan berperan sangat penting.  

  • Lakukan A/B Testing

Selalu lakukan A/B Testing untuk memahami elemen iklan mana yang paling efektif. Uji berbagai judul, gambar, dan teks untuk menemukan kombinasi terbaik. A/B Testing juga membantu kamu menentukan strategi iklan yang paling sesuai untuk iklan mendatang. 

  • Manfaatkan Fitur Retargeting

Manfaatkan retargeting untuk menjangkau pengguna yang sudah pernah mengunjungi situs web kamu tetapi belum melakukan konversi. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dan membantu iklan kamu selalu muncul ke audience tersebut agar selalu diingat.

Tips Beriklan dengan Google Ads 

  • Keyword Research

Lakukan Riset kata kunci yang mendalam untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan biaya yang wajar. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner, SEM Rush, atau Ahrefs untuk membantu kamu menentukan kata kunci yang pas. 

  • Optimalkan Website / Landing Page

Pastikan halaman yang dituju seperti Website atau landing page kamu dioptimalkan untuk konversi. Halaman harus memuat dengan cepat, memiliki informasi yang relevan, dan memudahkan pengguna untuk beraktivitas di Website / Landing Page.

  • Pantau dan Amati Secara Berkala

Terus pantau kinerja campaign kamu dan sesuaikan strategi sesuai kebutuhan. Perhatikan metrik penting seperti Cost per Click, Conversion Rate, dan Cost per Action (CPA) untuk memastikan kampanye kamu berjalan efektif.

Penutup

Dalam memilih antara Facebook Ads dan Google Ads, penting untuk kamu mempertimbangkan keunikan masing-masing platform serta kebutuhan spesifik bisnis. Facebook Ads menawarkan kemampuan penargetan yang mendalam dan interaksi sosial yang kuat, dan Facebook Ads ideal untuk meningkatkan Brand Awareness dan interaksi audiens. Sebaliknya, Google Ads digunakan dengan tujuan pembelian dan jangkauan luas. Google Ads sangat efektif untuk mengarahkan Traffic berkualitas dan meningkatkan konversi.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari kedua platform ini, kamu dapat merancang kampanye iklan yang efektif, mengoptimalkan biaya iklan, dan mencapai hasil yang maksimal. Memantau dan menyesuaikan strategi secara berkala akan memastikan iklan kamu tetap relevan. 

Metamorphosys sebagai Creative & Digital Agency, siap membantu kamu dan bisnis kamu untuk berkembang melewati konten social media dan pemilihan iklan yang tepat agar semakin banyak orang yang mengenal bisnismu. Dengan pengalaman lebih dari 11 tahun, kami dipercaya oleh berbagai brand dalam menajawab kebutuhan bidang creative. Tidak hanya bidang creative digital, Metamorphosys juga siap membantumu mengembangkan desain dan website sesuai kebutuhanmu!

Penulis: Hanif Salsabil Kusumaditya

Sumber: 


    0 Comments

    Leave a Reply

    Avatar placeholder

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    ten − ten =