‘Togua’ dan Potensi Mengenal Suatu Kota Melalui Identitas Visual
Place branding menjadi bagian penting dalam mengembangkan potensi suatu Kota melalui pendekatan soft selling. Dengan kata lain, place branding merupakan salah satu strategi untuk mendorong ekonomi dan kesejahteraan penduduk setempat.
Menurut Sebastian Zenker, Kepala Lektor di Sekolah Bisnis Kopenhagen menjelaskan bahwa place branding bertujuan untuk memperkuat, mengubah, dan menciptakan merek suatu tempat pada benak setiap orang. Namun hal tersebut juga berkaitan langsung dengan nilai-nilai lain seperti kualitas tempat, infrastruktur Kota, keragaman budaya, sejarah, dan gaya hidup.
5 strategi yang dapat digunakan dalam menjalankan place branding pada suatu Kota, sehingga Kota tersebut dapat menjadi destinasi, tempat tinggal, hingga sebagai tempat untuk berinvestasi.
1. Mempertahankan ‘rasa dari suatu tempat’
Place branding ‘merujuk kepada wilayah, Kota, komunitas atau hal-hal yang dapat memicu perbedaan tempat tersebut dari yang lain’ – (Eshuis et al., 2014, hlm. 154-155)
Meskipun Kota bersifat multidimensi dan akan terus berkembang, ada tiga faktor untuk mempertahankan ‘rasa’, yakni dengan menciptakan citra positif, membangun identitas, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
2. Pengembangan flagship projects
Sebagai contoh, museum Guggenheim di Bilbao adalah proyek transformasional yang dikembangkan dengan visi membangun kembali kota yang menurun akibat aksi terorisme. Beberapa contoh proyek sejenis dari Kota lain yakni gedung opera Sydney, gedung opera Oslo, pusat pompidou Paris, dan lain-lain.
3. Pegelaran acara Internasional
Kota akan tetap dipandang otentik meskipun sedang terlibat dalam acara besar skala Internasional. Selain itu, warga setempat dan turis akan merasakan pengalaman yang berbeda, dan kota-kota kecil yang berada di sekitar mendapatkan eksposur.
4. Menumbuhkan ekonomi kreatif
Beberapa Kota seperti Paris, London, dan New York telah berhasil melabeli diri mereka untuk menarik ‘kelas kreatif’.
5. Identitas merek suatu Kota
Pentingnya membangun komponen non spasial dalam komunikasi promosi citra suatu Kota.
Berbeda dengan branding produk, place branding lebih bersifat multidimensi, karena ‘tempat’ secara inheren “merujuk kepada sejarah, budaya, ekosistem,” [2]:189 “yang kemudian menghubungkan produk, ruang, organisasi, dan masyarakat setempat.”
Konsisten dan koheren merupakan dua hal penting bagi setiap brand, sehingga mereka mampu dikenal dan dipercaya. Di sini Metamorphosys hadir dan dipercayai oleh brand selama lebih dari 10 tahun, untuk menjawab kebutuhan pada bidang creative & digital agency, seperti graphic, logo brand, website, hingga social media.
Penulis: Kamal Ramdani
Referensi:
https://www.brandingstrategyinsider.com
https://www.bloom-consulting.com
https://www.originoutside.com
https://www.curbed.com
https://hal.archives-ouvertes.fr
https://www.citynationplace.com
https://www.theguardian.com
https://placebrandobserver.com
0 Comments