Metamorphosys

Seiring pertumbuhannya, peretas telah memperhatikan dan mulai secara khusus menargetkan situs web. Apa pun jenis konten yang disediakan situs Anda, Anda tidak terkecuali. Jika Anda tidak mengambil tindakan pencegahan tertentu, Anda bisa diretas. Seperti semua yang terkait dengan teknologi, Anda perlu memeriksa keamanan website Anda.
Dalam tutorial ini, kami akan membagikan 5 Tips Terbaik kami untuk menjaga keamanan situs Anda.

1. Pilih Hosting yang Bagus

 

Cara paling sederhana untuk menjaga keamanan situs Anda adalah dengan menggunakan penyedia hosting yang menyediakan banyak lapisan keamanan.
Mungkin tergoda untuk menggunakan penyedia hosting murah, setelah semua menghemat uang di hosting situs web Anda berarti Anda dapat membelanjakannya di tempat lain dalam organisasi Anda. Namun, jangan tergiur dengan rute ini. Itu bisa, dan sering kali menyebabkan mimpi buruk di kemudian hari. Data Anda dapat dihapus sepenuhnya dan url Anda dapat mulai dialihkan ke tempat lain.
Membayar sedikit lebih untuk perusahaan hosting berkualitas berarti lapisan keamanan tambahan secara otomatis dikaitkan ke situs web Anda. Manfaat tambahan, dengan menggunakan hosting WordPress yang baik, Anda dapat secara signifikan mempercepat situs WordPress Anda.

2. Pasang SSL

 

Saat ini Single Sockets Layer, SSL, bermanfaat untuk semua jenis situs web. Awalnya SSL diperlukan untuk membuat situs aman untuk transaksi tertentu, seperti untuk memproses pembayaran. Namun, hari ini, Google telah menyadari pentingnya dan memberikan situs dengan sertifikat SSL tempat yang lebih berbobot dalam hasil pencariannya.
SSL wajib untuk situs mana pun yang memproses informasi sensitif, yaitu kata sandi, atau detail kartu kredit. Tanpa sertifikat SSL, semua data antara browser web pengguna dan server web Anda dikirimkan dalam teks biasa. Ini dapat dibaca oleh peretas. Dengan menggunakan SSL, informasi sensitif dienkripsi sebelum ditransfer antara browser mereka dan server Anda, membuatnya lebih sulit untuk dibaca dan membuat situs Anda lebih aman.
Untuk situs web yang menerima informasi sensitif, harga SSL rata-rata adalah sekitar $70-$199 per tahun. Jika Anda tidak menerima informasi sensitif apa pun, Anda tidak perlu membayar untuk sertifikat SSL. Hampir setiap perusahaan hosting menawarkan sertifikat SSL Let’s Encrypt gratis yang dapat Anda pasang di situs Anda.

3. Batasi Percobaan Login untuk keamanan website Anda

 

Secara default, WordPress memungkinkan pengguna untuk mencoba login sebanyak yang mereka inginkan. Meskipun ini dapat membantu jika Anda sering lupa huruf kapital apa, ini juga membuka Anda untuk serangan brute force.
Dengan membatasi jumlah upaya login, pengguna dapat mencoba beberapa kali hingga mereka diblokir sementara. Membatasi peluang Anda untuk melakukan upaya brute force saat peretas terkunci sebelum mereka dapat menyelesaikan serangannya.
Anda dapat mengaktifkan ini dengan mudah dengan plugin upaya batas masuk WordPress. Setelah Anda menginstal plugin, Anda dapat mengubah jumlah upaya masuk melalui Pengaturan> Upaya Batas Masuk. Jika Anda ingin mengaktifkan upaya login tanpa plugin, Anda juga dapat melakukannya. Tutorial lengkapnya ada di sini.

4. Gunakan Kata Sandi yang Kuat untuk keamanan website Anda

 

Kata sandi adalah bagian yang sangat penting dari keamanan situs web dan sayangnya sering diabaikan. Jika Anda menggunakan kata sandi biasa yaitu ‘123456, abc123, kata sandi’, Anda harus segera mengubah kata sandi Anda. Meskipun kata sandi ini mungkin mudah diingat, kata sandi ini juga sangat mudah ditebak. Pengguna tingkat lanjut dapat dengan mudah memecahkan kata sandi Anda dan masuk tanpa banyak kesulitan.
Anda harus menggunakan sandi yang rumit, atau lebih baik lagi, sandi yang dibuat secara otomatis dengan berbagai angka, kombinasi huruf yang tidak masuk akal, dan karakter khusus seperti % atau ^.

 

5. Instal Plugin Keamanan

 

Website baru tanpa plugin keamanan itu sama saja dengan rumah tanpa tembok; siapapun bisa masuk dan melakukan hal sesuka hati mereka. Jadi, plugin keamanan ini adalah langkah pertama yang wajib bagi website baru. Berikut beberapa rekomendasi plugin keamanan website yang bisa Anda coba:

iThemes Security—tersedia versi gratis dan berbayar. iThemes Security mampu mendeteksi plugin berbahaya, software yang usang, dan password yang lemah.
Wordfence Security—sudah digunakan oleh lebih dari dua juta pengguna. Wordfence Security menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin, dan masih banyak lainnya.
SecuPress Free—walaupun gratis, tapi berkualitas tinggi. SecuPress mempunyai fitur seperti Anti Brute Force Login, blokir IP, malware scan, dan lain segudang fitur lainnya.

Menjaga keamanan website penting sekali, jika anda ingin mengoptimalkan popularitas dan kunjungan pengunjung. Anda dapat mempercayai kami dalam hal cara meningkatkan keamanan website anda, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Penulis : Firdaus Mego

Categories: BlogTips & Trick

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 8 =