Metamorphosys

Ketika membicarakan Instagram, tak perlu diragukan lagi bahwa media sosial ini tumbuh dengan sangat pesat beberapa tahun belakangan. Tercatat bahwa hingga saat ini platform tersebut sudah memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Ini karena Instagram adalah tempat yang tepat untuk segala macam penggunaan. Mulai dari untuk akun pribadi, brand, hingga organisasi. Semakin banyaknya akun di Instagram, semakin ketat pula persaingan untuk mendapatkan followers. 

Hanya membagikan foto, video, atau story pun tidak cukup. Kamu harus memanfaatkan Instagram dengan lebih pintar agar akunmu stand out sehingga orang lain tertarik untuk mengikutimu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan lebih banyak followers di Instagram.

Baca Juga3 Alasan Tidak Boleh Beli Followers Instagram

1. Jangan menyetel akunmu ke mode private

Mem-private akun Instagram memang baik untuk menjaga privasi. Namun jika tujuanmu adalah untuk mendapatkan banyak followers, kamu harus membuka akunmu menjadi publik. Dengan begitu calon followers bisa melihat feed-mu dengan lebih leluasa.

Selain itu, akunmu akan lebih visible ketika disetel ke publik. Post yang kamu bagikan bisa dipromosikan ke explore orang lain sehingga dapat menarik followers baru.

gambar-akun-private-artikel-followers-instagram

2. Follow dan Unfollow

Hampir serupa dengan poin pertama. Setelah kalian menemukan dan memfollow akun-akun  yang followersnya banyak, langkah selanjutnya adalah meng-unfollow kemudian follow kembali hingga beberapa kali. Diperbolehkan langsung menerapkannya pada beberapa pengguna atau satu orang saja.

Perlu dicatat, saat melakukan kiat ini berikan jeda satu hingga dua menit. Jika kamu melakukannya dengan jeda terlalu singkat, akunmu akan berisiko disuspend. Efeknya tidak perlu dipertanyakan lagi, followersmu akan meningkat tajam tanpa menambah following. Sehingga, metode ini dikatakan sebagai taktik yang paling jitu  buat yang tidak mau followingnya naik.

3. Gunakan Hashtag yang Tepat

Mengunggah konten yang menarik dan juga relevan adalah salah satu kunci utama untuk meningkatkan followers. Menggunakan hashtag pada postingan akan memudahkan orang-orang untuk menemukan kontenmu. Kemudian, hashtag apa yang harus digunakan? Seperti halnya aplikasi Twitter dan platform media sosial lainnya, Instagram juga mempunyai hashtag tertentu. Apabila kamu menggunakan hashtag yang populer pada postingan kontenmu, maka akan semakin besar juga kemungkinan postingan tersebut untuk bisa ditemukan dan menjangkau banyak pengguna baru.

Menggunakan hashtag memang terlihat cukup mudah, namun menggunakan hashtag yang tepat adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Hashtag populer dan sedang trending mungkin bisa menghasilkan engagement dan like tambahan, namun hashtag tersebut belum tentu akan menghasilkan engagement jangka panjang, mendatangkan followers yang berkualitas, dan meningkatkan penjualan.

gambar-hashtag-artikel-followers-instagram

4. Posting Konten Saat Jam Ramai

Cara menambah followers IG gratis yang paling direkomendasikan adalah dengan membuat banyak konten. Akan tetapi, cara tersebut tergolong cukup tricky untuk dilakukan. Sebab, dengan memposting lebih banyak konten pastinya akan membutuhkan kreativitas, waktu, dan juga kerja keras. Supaya orang-orang tertarik untuk follow akun IG kamu, maka konten yang harus kamu tampilkan adalah konten yang menarik dan terkonsep dengan matang.

Selain itu, supaya konten postingan kamu dapat mendatangkan banyak like dan followers, maka sebaiknya lakukan dengan konsisten. Rencanakan setiap konten yang akan diposting, misalnya saja, post foto di feed seminggu 3 kali. Kemudian posting story minimal 1 kali dalam sehari. Tak hanya itu saja, sebaiknya kamu juga memahami jam ramai atau prime time untuk posting konten. Hal ini bertujuan agar postingan kamu bisa langsung dilihat oleh banyak orang saat diposting.

5. Optimasi Bio Instagram

Ketika pertama kali membuka akun Instagram pastinya kamu akan diminta untuk mengisi biodata Instagram yang berisi username dan beberapa informasi lainnya. Walaupun di awal terlihat cukup sulit untuk mengisi informasi yang sesuai, tapi nantinya optimasi bio Instagram bisa membantu kamu meningkatkan followers Instagram. Hal tersebut dikarenakan optimasi algoritma Instagram akan membantu para penggunanya untuk lebih mudah menemukan akunmu ketika mencari topik tertentu di halaman pencarian.

Selain itu, dengan informasi yang lengkap juga akan menambah nilai dari akun IG kamu, sehingga orang-orang akan lebih tertarik untuk mengikuti akun IG yang kamu kembangkan. Tanpa adanya bio Instagram, caption foto, username yang sesuai, dan foto profil, maka bagaimana cara orang-orang mengetahui bahwa akun IG kamu asli dan dengan mengembangkan sebuah brand?

6. Kolaborasi dengan Kreator atau Selebgram

Cara terbaik untuk memperoleh followers IG secara cepat adalah dengan melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan influencer ataupun kreator yang mempunyai minat yang sama dengan produk atau brand yang kamu kembangkan. Strategi yang satu ini dilakukan karena influencer tersebut pastinya mempunyai followers IG yang cukup banyak. Dengan begitu, dapat ditarik untuk menjadi pengikut akun kamu berikutnya berkat kesamaan minat.

Influencer marketing adalah cara terbaik untuk menambah followers Instagram dengan cepat apabila kamu mempunyai budget yang cukup. Akan tetapi, bila kamu ingin melakukan kolaborasi dengan gratis, maka kamu bisa melakukan kerja sama pertukaran barang, dimana para kreator dapat memperoleh barang kamu untuk kemudian digunakan dan dipromosikan.

Dengan begitu, kamu akan meraih keuntungan dengan pertambahan followers IG. Instagram sendiri juga sudah memfasilitasi kolaborasi dengan para selebgram melalui cara yang mudah dan praktis, yaitu dengan IG tag post, dimana orang yang kamu ajak kerja sama akan melakukan tag pada konten promosi produk.

Kolaborasi tersebut juga dinilai menguntungkan, karena konten yang diposting juga akan masuk ke akun IG kamu. Jadi, tak hanya followers IG yang kamu peroleh, tapi kenaikan poin algoritma dan interaksi yang pastinya akan menaikkan akun IG kamu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh promosi gratis dari para konsumen ataupun followers IG kamu yang sudah membeli dan mencoba produk kamu dan melakukan tag pada akun IG kamu.

Konten testimoni konsumen yang sudah diposting dapat kamu manfaatkan kembali dengan me-repost di akun IG kamu, sehingga hal itu dapat menaikkan kepercayaan konsumen lain. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak testimoni produk yang bagus, maka menandakan bahwa produk kamu disukai oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan sesi giveaway, dimana kamu akan meminta para pengikut akun IG kamu untuk mengulas produk yang sudah mereka beli dan gunakan dengan branded hashtag tertentu.

Semakin banyak pengguna IG yang mengikuti giveaway tersebut, maka hal itu akan memberikan hasil yang terbaik, pastikan juga akan meningkatkan brand awareness produk kamu di mata pengguna IG. Dengan begitu, dapat membantu untuk menaikkan jumlah followers. Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer atau kreator yang tepat, pastinya akan membantumu untuk masuk ke dalam komunitas yang kamu inginkan, sehingga lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

7. Hindari Menggunakan Followers Palsu

Untuk memperoleh followers IG yang banyak, pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi bila kamu menginginkan followers gratis dan organik. Tak jarang beberapa akun IG akhirnya memutuskan untuk membeli followers media sosial melalui aplikasi berbayar atau jasa penambah followers.

Namun sayangnya, walaupun kamu mendapatkan banyak followers IG dalam waktu yang cepat, tapi cara ini akan merugikan kamu karena nantinya akan menimbulkan beberapa masalah.

8. Bangun Hubungan dengan Followers Instagram

Interaksi adalah hal yang sangat penting untuk pertumbuhan akun IG. Akun IG lain mungkin mempunyai fokus untuk meningkatkan jumlah komentar atau like di konten yang diunggah. Namun mereka kurang memperhatikan yang membantu menaikkan metrik tersebut.

Jika kamu ingin meningkatkan followers IG, maka pastikan dulu untuk membangun interaksi dengan para followers melalui percakapan dua arah. Salah satu cara yang bisa membuat pengguna IG melihat akun yang kamu kembangkan yaitu melalui percakapan yang menarik dan juga seru.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan konten-konten yang sederhana tapi mempunyai kaitan dengan kegiatan sehari-hari, yang mana akhirnya dapat membuat para pengikut akun kamu melakukan interaksi dengan memberikan komentar di postingan kamu. Pengguna IG sendiri menyukai konten Instagram yang berbeda-beda, bergantung dari usia, gender, dan juga jenis konten yang ingin mereka lihat.

Oleh karena itu, penting bagi para kreator untuk memahami demografi konsumen dengan mengeceknya di Instagram Insight. Instagram sendiri adalah salah satu platform yang cocok untuk konten visual yang dibarengi dengan caption yang memancing para konsumen untuk melakukan interaksi dua arah.

Selain itu, para kreator juga sebaiknya memahami, ketika melihat konten, para konsumen akan mempunyai dua pilihan, yaitu membiarkannya atau ikut melakukan interaksi dengan memberikan komentar sesuai dengan isi konten, membagikan konten kamu ke platform lain, atau hanya sekadar memberikan like.

Jika kamu mempunyai kesempatan untuk melakukan interaksi dengan para followers IG yang potensial, maka kamu dapat mengambilkan untuk meningkatkan angka insight konten atau membangun kedekatan dengan para followers yang kamu punya.

Disisi lain, setiap komentar mempunyai kesempatan untuk menggaet followers IG baru atau mengenal pengikut kamu. Jadi, pastikan untuk selalu membalas komentar yang masuk ya.

9. Cross promoting di akun media sosial lainnya

Tentunya kamu punya akun di Facebook, Twitter, Snapchat, atau media sosial lainnya kan? Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers adalah dengan mempromosikan akunmu di platform lain. Dengan begitu, kamu bisa menarik teman-teman di media sosial lain untuk mem-follow akun Instagram milikmu.

Jika kamu sedang membangun akun untuk bisnis atau menyelenggarakan campaign, kamu juga bisa mempromosikannya secara offline. Misalnya dengan membuat brosur, poster, dan media lain yang bisa menarik perhatian publik. 

10. Memanfaatkan targeted ads di Instagram

Jika akunmu adalah akun bisnis atau organisasi, kamu bisa mempromosikannya melalui targeted ads di Instagram. Tentunya cara ini berbayar tetapi bisa secara efektif menambah followers-mu.

Sebelum menggunakannya, kamu harus tahu siapa audiens yang relevan dari akunmu. Mulai dari usia mereka, pekerjaan, hingga interest-nya. Ini karena kamu akan diminta untuk memberikan spesifikasi target audiens saat menyetel ads.

Itu dia 10 cara menambah jumlah followers di Instagram. Apabila kamu merasa kesulitan dalam menambah followers di Instagram Metamorphosys siap membantu kamu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis kamu!

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =