Metamorphosys

Tak bisa dipungkiri, Instagram saat ini menjadi platform yang tepat bagi setiap orang bahkan perusahaan (brand) skala apapun untuk melakukan kegiatan social media marketing. Banyak brand hadir di media sosial saat ini untuk membagikan konten-konten yang bermanfaat bagi para pengikut atau pelanggan mereka. Tapi semakin berkembangnya suatu platform digital dan perubahan cara konsumsi membuat sesuatu yang ada di media sosial tidak hanya harus bermanfaat bagi seseorang tapi juga dapat dibagikan ke kerabat atau sesama pengguna media sosial lain.
Seiring dengan perkembangan tersebut, saat ini cara konsumsi konten pengguna media sosial pun terus berkembang tanpa henti. Konten yang shareable memang memiliki nilai konversi engagement meter yang tinggi, tapi bukan yang tertinggi saat ini. Konten yang savable adalah yang memiliki engagement rate meter tertinggi saat ini. Hal ini pun berdampak pada strategi pembuatan yang perlu diketahui oleh setiap orang atau perusahaan yang membagikan konten mereka di platform tersebut.
Berikut tips jitu agar yang dibagikan tidak hanya menjadi konten shareable tetapi juga memiliki kekuatan untuk menjadi konten yang savable:
 

  1. Buat Konten Yang Orisinil

Buatlah yang baru dan otentik menyesuaikan dengan topik yang dibahas. Topik yang otentik dan baru dapat menarik perhatian audiens di Instagram sehingga konten yang dikonsumsi oleh audiens di Instagram memiliki nilai pembeda dan memudahkan suatu brand diingat di media sosial.

  1. Fokus Gunakan Copywriting yang Persuasif dan Ciptakan HeadlineYang Powerful

Headline yang baik membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Pertimbangkan statistik berikut:

  • 80 persen orang akan membaca headlineAnda
  • Tapi hanya 20 persen dari orang tadi akan membaca seluruh isi konten Anda.

Ini yang membuat headline Anda sama pentingnya dengan artikel itu sendiri.

  1. Bisa Memberikan Jawaban

Ketika audiens melakukan kegiatan di Instagram, yang mereka inginkan adalah konten yang dapat menghibur, memberi pengetahuan dan jawaban. Sama halnya ketika orang membaca sebuah postingan blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video, mereka menginginkan jawaban untuk mendapat pengetahuan. Tips penting untuk Anda, orang tidak hanya menginginkan jawaban, tapi mereka menginginkan jawaban dengan cepat dan tepat. Jadi buat Anda mudah dibaca agar orang bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat dan data oriented.
Baca: Naikan Kualitas Design dengan 8 Hal ini

  1. Buat FollowersBertanya-Tanya

Ini bukan berarti membuat postingan yang belum selesai, tapi menyertakan pertanyaan yang membuat pembaca merefleksikan bagaimana mereka bisa mengimpelementasikan pengetahuan yang Anda berikan.

  1. Orang Menyukai Cerita

Anda bisa gunakan anekdot di bagian perkenalan atau cerita dalam postingan. Cerita bisa membantu mengklarifikasi sebuah poin. Bila memungkinkan, tambahkan cerita pada postingan Anda. Ini akan membuat postingan lebih menarik perhatian dan juga membantu pembaca untuk belajar.

  1. Konten Yang Bagus Selalu Memorable

Konten yang bagus tidak hanya menghibur Anda selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Hal itu selalu Anda ingat, membuat Anda kembali mengunjunginya, dan merekomendasikannya ke teman atau kolega. Anda bisa membua lebih memorable dengan memastikan menjawab pertanyaan, “Jadi apa?” atau dengan membuat konten yang tidak hanya meniru apa yang orang lain sudah katakan.
Semoga dengan tips-tips jitu ini, bisa membantu dan menginspirasi Anda dalam bersiap untuk membuat konten yang savable serta menampilkan brand terbaik Anda dan mampu ‘menghipnotis’ pengunjung untuk menyukai, mengikuti, dan atau bahkan membeli produk atau layanan Anda. Metamorphosys dapat membantu Anda menyesuaikan strategi content development yang tepat untuk brand atau perusahaan Anda di Instagram dan juga platform media sosial lain. Hubungi tim berpengalaman kami untuk membantu kebutuhan Anda.
Penulis: Ryan Stevan