Metamorphosys

Apakah benar kehadiran NFT dapat menjadi suatu keuntungan untuk para desainer dan seniman? Ya, sejak kemunculannya, mereka telah menyerbu dunia seni konvensional dengan galeri dan dealer yang tergantikan dengan bentuk karya yang baru untuk kemajuan para desainer. Tak hanya itu, NFT juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi karya seorang desainer sambil menjaganya dari pihak-pihak tak bertanggung jawab. Dengan teknologi ini pun, tidak akan ada aturan yang membelenggu kebebasan berkarya para seniman dan desainer profesional. Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan NFT? Apa manfaat lain yang ia tawarkan kepada para desainer?

Menurut NFTEvening, NFT atau non-fungible token, adalah aset kriptografi pada blockchain dengan kode identifikasi dan metadata yang unik. Hal tersebut diperlukan agar blockchain dapat membedakan masing-masing aset. Tidak seperti cryptocurrency, NFT tidak dapat diperdagangkan atau ditukar dengan aset yang nilainya setara. Mereka juga tidak dapat digunakan sebagai media untuk transaksi komersial yang biasa terjadi di pasar. NFT lebih merupakan properti digital yang eksklusif karena tidak ada aset yang bisa menyerupainya. Oleh karena itu, ini dapat digunakan oleh desainer sebagai bukti kepemilikan yang sah atas suatu aset digital.

 

Mengapa NFT Penting untuk Desainer?

Menjaga dan mengelola keamanan kepemilikan produk merupakan kebutuhan baru di dunia. Hal ini pun berlaku terutama di dunia seni dan desain. Di mana selama ini, produk-produk seni sering diambil tanpa sepengetahuan penciptanya. Nah, maka dari itu, hadirnya NFT secara tak langsung dapat memberikan keuntungan untuk desainer dan seniman. Selain keamanan terjamin, ada beberapa manfaat lain dari NFT yang bisa dimanfaatkan oleh para desainer. Berikut adalah daftar dan penjelasannya.

1. Hak kepemilikan atas karya NFT

Menurut 99Designs, salah manfaat dari NFT untuk para desainer adalah hak kepemilikan atas karya. Ya, NFT memungkinkan desainer untuk menyewakan karya, menjual, dan menampilkan karya seni digital buatannya sesuai keinginan mereka. Untuk menjualnya, desainer perlu mendapatkan semacam kepemilikan legal atas karya mereka. Bukti kepemilikan ini akan disediakan dalam bentuk token pada layanan cryptocurrency, blockchain setelah NFT dibentuk.

2. Sumber pendapatan yang baik

Selanjutnya, NFT dapat menjadi sumber pendapat yang baik untuk para desainer dan seniman. Mengapa demikian? Pasalnya, menurut Design Hill, NFT menyediakan hak royalti untuk para desainer. Dalam arti, jika karya seni desainer terjual kembali, ia akan mendapatkan keuntungan sebesar 5 hingga 10%. Cara kerja seperti ini bahkan bisa menjadi cara bagi desainer untuk mendapatkan keuntungan permanen dari karyanya.

3. NFT Dapat diakses dengan mudah

Salah satu keuntungan terbaik dari NFT untuk para desainer dan seniman adalah akses yang mudah. Hal ini sangatlah menonjol, terutama saat banyak pameran dan museum yang tutup selama pandemi Covid-19. Maraknya perdagangan NFT membuat koleksi seni sudah bisa bergerak secara online. Ini adalah kesempatan baik bagi banyak desainer, dalam skala global, yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk menjual karya mereka.

4. Representasi digital

NFT juga bisa menjadi representasi digital bagi karya-karya yang diciptakan oleh para desainer. Sebelumnya, cryptocurrency merupakan alat transaksi yang sangat populer. Namun, ia dianggap sebagai sistem finansial yang simpel. Dalam arti, tidak ada sistem canggih yang bisa memastikan transaksi berjalan dengan aman. Beda halnya dengan NFT. Mereka telah membuat sistem yang canggih agar proses transaksi aman dan aset direpresentasikan sebagai karya seni digital.

5. Pasar baru untuk desainer

Terakhir, NFT menyediakan pasar baru untuk para desainer dan seniman profesional. Dikarenakan tersedia secara online, NFT memberikan demografi pelanggan baru bagi para desainer yang biasanya berdagang di pameran atau art space. Tak hanya itu, sifatnya yang unik pun membuat NFT tak hanya menarik untuk user, tetapi, juga oleh investor.

Intinya, NFT adalah salah satu cara terbaik bagi desainer guna menjaga keamanan karya seni digital mereka. Tak hanya itu, teknologi ini pun bisa menjadi celah bagi desainer untuk mendapatkan penghasilan tetap. Maka dari itu, kamu yang bergerak di bidang desain jangan ragu untuk memanfaatkan NFT. Sebab, ia menawarkan banyak manfaat menarik yang bisa menguntungkan dirimu dan karya-karya ciptaanmu.

Di Metamorphosys, kami adalah Creative & Digital Marketing Agency di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen sosial media, membuat website, jasa fotografi dan videografi, dan sebagainya. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project” di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

Penulis: Ryan Stevan

Sumber: https://glints.com/id/lowongan/nft-untuk-desainer/#.Ygu2Ne5BwWo


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =