Metamorphosys

Desain UX adalah tentang membuat situs web dan aplikasi menjadi mudah dan menyenangkan untuk digunakan. Dengan mengikuti beberapa prinsip sederhana, Anda dapat menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa bagi pengguna Anda—apa pun jenis aplikasi atau situs web yang Anda buat. Berikut adalah 5 prinsip desain UX yang harus diketahui semua orang.

 

1. Pikirkan Tentang Kebutuhan Pengguna

Kebutuhan pengguna nyata itu penting, bukan apa yang Anda pikirkan. Anda mungkin berpikir desainnya brilian, tetapi itu tidak berarti apa-apa jika Anda bukan termasuk audiens utama. Konsep desain UX sangat menyiratkan bahwa pekerjaan desainer dipusatkan di sekitar interaksi “pengguna – produk”. Ini berarti kita harus memahami jika audiens utama kita puas dengan produk tersebut.

Pengujian UX produk menentukan apakah semuanya jelas bagi pengguna saat dia menggunakan produk, apakah ada masalah dengannya dan mengapa itu terjadi. Selama penelitian, Anda bertanya kepada responden Anda dan hati-hati mengamati tindakan mereka.

 

2. Jelaskan Apa yang Terjadi

Orang lebih suka mengetahui apa yang terjadi dan apa yang diharapkan setelah tindakan mereka. Jadi mereka tidak perlu menatap layar dengan harapan terengah-engah atau suatu kecemasan.

Semakin pengguna dapat memprediksi interaksi dengan produk, semakin banyak kepercayaan yang diberikan pengguna terhadap produk Anda. Dan itu mengarah pada pengalaman pengguna yang lebih baik. Jangan lupa tentang feedback. Itu penting.

 

3. Ikuti Standar dengan Interface Anda

Semakin banyak pengguna mengetahui antarmuka, semakin cepat mereka menggunakan layanan Anda. Mereka tidak perlu belajar cara menggunakan produk Anda, tidak ada yang mau membuang waktu. Kami percaya bahwa permulaan yang mudah dan konsistensi antarmuka meningkatkan pengalaman pengguna. Dan Bruce Tognazzini menambahkan: “Fashion [dan kecantikan] tidak boleh menang atas kegunaan.”

 

4. Kurangi Information Load

Terkadang kami ingin memberi tahu lebih banyak tentang produk kami, jadi kami menempatkan semua informasi di situs web kami. Terlalu banyak informasi. Dan pelanggan kami perlu memilah semua informasi ini. Kami berpikir bahwa kita harus menunjukkan apa yang perlu ditunjukkan pada waktu yang tepat. Begitulah cara kami mengurangi beban informasi: memberikan informasi sepotong demi sepotong.

Setiap bagian informasi menarik perhatian pengguna, jadi kami dapat mengatakan bahwa bagian-bagian tersebut saling bersaing. Dan pengguna dapat melewatkan sesuatu yang penting. Itu tidak berarti kita harus secara kritis mengurangi semua informasi untuk pendaratan atau untuk aplikasi seluler, tetapi kita harus berkonsentrasi pada kebutuhan pengguna dan hanya memberikan informasi penting. Biarkan itu datang berturut-turut.

 

5. Hirarki Visual

Buat konstruksi visual yang baik, sehingga pengguna dapat memindai antarmuka. Bangun konstruksi visual menggunakan font, warna, dll. Dan selalu ikuti aturan konsistensi.

 

Kesimpulan

Pengalaman pengguna yang baik sangat penting untuk situs web atau aplikasi apa pun. Jika pengguna tidak senang menggunakan produk Anda, mereka tidak akan kembali. Artikel ini menguraikan lima prinsip pengalaman pengguna yang harus diketahui semua orang. Jika Anda ingin meningkatkan kegunaan produk Anda, hubungi kami untuk mendapatkan bantuan.

 

Ingin Membangun Bisnis dengan Website yang menarik pelanggan? Anda Juga Bisa!

Sudah siap mengawali bisnis Anda dengan media sosial dan website? Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun pembuatan website!

 

Penulis : Firdaus Mego


1 Comment

Memahami User Journey vs. User Flow - Metamorphosys · July 18, 2022 at 4:49 pm

[…] Baca Juga : 5 Prinsip Desain UX Yang Harus Diketahui Semua Orang […]

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =