Metamorphosys

Dari tahun ke tahun tren Media Sosial selalu menjadi strategi yang populer. Maka dari itu, tentunya nanti akan muncul tren content marketing terbaru di 2022.

Prediksi tren media sosial ini wajib diketahui oleh para pengusaha atau kamu yang lagi merintis usahaSebab, mereka bisa menjadi cara yang paling efektif untuk menggaet audiens pada tahun mendatang.

Nah, kira-kira, seperti apa tren pemasaran konten yang akan meledak pada tahun 2022 nanti?

1. Tren Media Sosial: Pendengar Podcast Makin Banyak

siapa yang menyangka bahwa podcast ternyata masih menjadi tren di dunia content marketing pada tahun 2022?

Hal ini umumnya berlaku karena hingga saat ini, pendengar podcast masih bertambah dengan pesat.

Nah, podcast pun sejatinya juga menguntungkan bagi perusahaan. Sebab, biaya produksinya tergolong cukup murah.

Untuk topik-topik yang diinginkan, kebanyakan audiens kini lebih mencari konten yang bersifat edukatif.

Maka dari itu, perusahaan bisa saja membuat podcast marketingAkan tetapi, topik yang diberikan haruslah informatif dan sesuai dengan tren.

2. Tren Media Sosial: SEO

Meskipun sudah dimanfaatkan sejak lama, SEO tetap menjadi tren di dunia content marketing di tahun 2022 nanti.

Menurut Jeff Bulas, konsistensi SEO sangatlah penting untuk kesuksesan pemasaran konten pada tahun mendatang.

Sebab, konten dengan nilai SEO yang unik, kreatif, dan orisinal akan mengindeks lebih cepat dan berperingkat lebih tinggi daripada konten bernilai rendah.

Selain itu, akan sangat bahaya bila konten yang kamu luncurkan berada pada posisi yang buruk di SERP.

Pasalnya, melansir hasil riset Brafton, 95% pengguna internet hanya memanfaatkan konten yang tertera di halaman pertama pencarian Google.

2. Tren Media Sosial: Specialized Content

Tren content marketing selanjutnya yang patut kamu nantikan di tahun 2022 mendatang adalah specialized content.

Specialized content di sini mengacu pada konten yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan.

Strategi ini diperlukan sebagai cara bagi perusahaan untuk tingkatkan brand recognition,

Tak hanya itu, specialized content juga dapat menjadi cara yang jitu untuk kalahkan kompetitor.

Karena, informasi dan bentuk kontennya dijamin bisa gaet emosi audiens dengan mumpuni.

4. Tren Media Sosial: Memakai Voice Search

Meningkatkan kemampuan voice search akan menjadi tren kerja di dunia content marketing pada tahun 2022 mendatang.

Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kesuksesan sistem Alexa yang dibentuk oleh Amazon dan Siri milik Apple.

Pelanggan juga kini terlihat lebih menikmati proses pencarian konten via voice search. 

Tren ini bisa dilihat dari kemajemukan Google Assistant dan teknologi Google Home Mini speakers.

Penyebab kesuksesan voice search sendiri merupakan dukungan suara dari software yang terasa manusia.

Kinerjanya selama ini juga dianggap meningkat dan bahkan tak lagi kalah dari search engine tradisional.

 

5. Visual Story Telling Via AR

Tren content marketing berikutnya yang digadang-gadang akan booming di 2022 mendatang adalah visual storytelling via AR atau augmented reality. hal ini terjadi karena kini audiens lebih menikmati konten yang hadir dalam bentuk visual.

Tak hanya itu, pengguna AR juga ternyata sudah mulai berkembang, di mana sebanyak 93,3 juta orang mulai memanfaatkannya paling tidak sekali per bulan pada tahun 2021 silam.

Nah, visual storytelling via AR sendiri juga diprediksi bisa membawa berbagai jenis keuntungan bagi perusahaan. Berikut adalah daftarnya.

  • Fitur AR yang interaktif akan membuat konten terasa lebih menyenangkan bagi audiens.
  • Memudahkan perusahaan untuk lebih terhubung dengan emosi audiens mereka.
  • Mendorong partisipasi audiens dalam konten, mulai dari pembuatan, peluncuran, hingga usai menikmatinya.

Nah itulah lima tren dalam dunia content marketing yang patut kamu antisipasi pada tahun 2022 mendatang.

Intinya, kumpulan tren di atas dapat menjadi pedoman untuk kesuksesan strategi pemasaran kontenmu di tahun depan.

Namun, tren-tren tersebut akan selalu bisa dibuat lebih baik dengan inovasi dan ide-ide baru.

Maka dari itu, manfaatkanlah tren di atas sebaik mungkin. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap eksplorasi hal-hal baru yang tak kalah menarik dan efektif.

 

Hubungi Metamorphosys hari ini untuk menyiapkan strategi media sosial bisnis yang akan membantu mengembangkan perusahaan Anda!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =