Metamorphosys

Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun citra brand yang konsisten adalah dengan brand guideline. Brand guideline merupakan elemen penting dalam membangun identitas dari suatu brand. Seharusnya setiap brand memiliki guideline yang jelas agar proses branding dapat dilakukan secara konsisten.

Apa itu brand guideline?

itu merupakan pedoman yang digunakan untuk mengatur komposisi, desain, dan tampilan dari suatu brand, dilansir dari HubSpot.

Jadi, brand dapat dengan mudah untuk menentukan seperti apa konten blog, konten media sosial, tampilan logo, sampai dengan iklannya.

Desainer grafis, marketer, web developer, hingga content team adalah tim yang pastinya memerlukan guideline tersebut. Sehingga pekerjaan mereka akan mengarah ke pedoman yang sama.

Manfaat brand guideline

1. Penetapan standar pada brand guideline

Dengan adanya penetapan standar brand, karyawan perusahaan, freelance, atau agency digital terkait dapat menghasilkan karya yang sesuai dengan aturan yang ada. Salah satu contoh adalah ketika suatu brand ingin membuat postingan di Instagram, Twitter, atau blog.

2. Brand mudah diingat

Mulai dari warna, font, hingga tone of voice, proses branding akan berjalan dengan baik jika seluruh elemen tersebut diikuti dengan benar. Brand awareness akan meningkat jika hal tersebut dapat dikomunikasikan secara konsisten.

Membuat brand guideline

Dilansir dari 99designs, berikut merupakan langkah dalam pembuatan

1. Mengumpulkan inspirasi Brand Guideline

Mendiskusikan seluruh aspek dan elemen, termasuk di dalamnya tentang logo, font, warna, dan diksi. Kemudian untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan, cobalah bandingkan dengan pesaing. Hingga pada akhirnya suatu inspirasi baru akan muncul di sana.

2. Elemen penting

Terdapat enam elemen penting yang harus masuk ke dalam guideline. Keenam elemen tersebut adalah brand story, pedoman logo, palet warna, pedoman tipografi dan font, pedoman gambar, dan brand voice.

3. Pedoman untuk setiap produk

Salah satu contoh adalah ketika memiliki produk digital, suatu brand tentu perlu memiliki aturan berkaitan dengan tata letak gambar atau tampilan di website.

4. Membuat outline

itu harus dirancang secara jelas dan detail, hal tersebut bertujuan agar proses branding dapat berjalan dengan baik.

Misalnya saja, pada brand story, perlu dituliskan visi dan misi beserta dengan nilai brand. Kemudian pada bagian logo, perlu adanya penjelasan mengenai filosofi logo, penggunaan logo.

Demikian penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan cara membuat . Anda juga dapat mengakses info dan tips menarik lainnya.

Selain itu, Metamorphosys hadir dan dipercayai oleh brand selama lebih dari 11 tahun, untuk menjawab kebutuhan pada bidang creative & digital agency, seperti graphic, logo brand, website, hingga social media management.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 12 =