Metamorphosys

Para pemilik bisnis harus menyadari betapa pentingnya digital campaign untuk kelangsungan usaha. Apalagi sekarang era digital di mana sebuah bisnis apabila tidak go digital tidak akan bisa berkembang dengan baik. Bahkan tidak sedikit perusahaan lama yang tidak mengembangkan usahanya ke ranah digital mengalami kebangkrutan. Anda tentu tidak ingin bernasib demikian, bukan? Oleh sebab itu, mulai sekarang harus mulai melakukan pemasaran ke ranah digital.

Ada banyak jenis kampanye digital atau pemasaran online yang bisa Anda pilih untuk menjual produk maupun meningkatkan brand awareness. Mau tahu apa saja pilihannya, kami punya beberapa rekomendasinya untuk Anda.

 

Jenis Digital Marketing Campaign

Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin, salah satunya dalam bidang pemasaran. Anda bisa mempelajari dan menerapkan berbagai jenis digital campaign yang cocok untuk brand perusahaan.

Bahkan juga bisa menggunakan beberapa jenis sekaligus sebagai strategi bisnis. Jadi, jangan terpaku menggunakan satu jenis campaign saja. Berikut 7 jenis campaign yang bisa dipergunakan dalam strategi bisnis:

 

1. Memanfaatkan Mesin Pencari atau Penerapan SEO

Ini merupakan jenis campaign yang paling banyak digunakan oleh para marketer online, blogger, atau pemilik usaha untuk mengembangkan bisnis mereka. Bukan hanya menjual, tapi dapat digunakan untuk memperkenalkan merek ke masyarakat.

Fokus utamanya adalah mengoptimalkan mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu dalam sebuah konten. Semua dilakukan berdasarkan tips dan aturan dasar SEO.

 

2. Pengoptimalan Mesin Pencari untuk Iklan atau Search Engine Marketing (SEM)

Digital campaign ini mirip dengan SEO, tapi bukan SEO. SEM merupakan pengoptimalan search engine untuk mendapatkan tampilan di halaman pertama mesin pencari dalam bentuk iklan produk.

Hanya saja, penggunaan SEM membutuhkan keahlian khusus serta pendanaan yang cukup besar. Oleh sebab itu, biasanya diserahkan kepada agen pemasaran digital untuk melakukannya.

 

3. Sosial Media Marketing (SMM)

Selain search engine, media sosial juga merupakan platform yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran online. Pemasaran menggunakan cara ini dinilai sangat mampu memberikan result yang baik. Hal ini disebabkan pada zaman sekarang, hampir semua orang menggunakan media sosial. Tidak peduli apa profesinya, usia, gender, maupun latar belakang, bisa memiliki akun media sosial sehingga bisa dijadikan sebagai target pasar.

Para pengelola platform juga sudah mengeluarkan layanan akun bisnis dan iklan yang dapat digunakan pelaku usaha. Dengan memanfaatkan hal ini pengoptimalan media sosial sebagai platform digital campaign aka makin baik.

 

4. Pay per Click (PPC)

Anda ingin memanfaatkan internet dan situs untuk meningkatkan nilai positif brand, bisa menggunakan cara satu ini. Cara kerjanya dengan membayar setiap kali iklan maupun situs mendapatkan klik.

 

5. Konten Pemasaran Digital

Cara pemasaran ini dilakukan dengan membuat konten berkualitas sehingga menstimulasi orang yang melihat atau membacanya sehingga tertarik untuk menggunakannya.

Konten bisa dibuat berupa artikel dengan penerapan keyword maupun gambar atau video. Biasanya banyak digunakan dalam bentuk artikel yang diposting pada blog maupun situs.

 

6. Email Marketing

Digital campaign lainnya yang bisa Anda gunakan adalah email marketing, yaitu proses pengiriman pesan melalui tulisan maupun gambar. Mail tersebut dikirimkan kepada pelanggan yang telah berlangganan newsletter.

Pemasaran jenis ini meskipun sudah lama ada dan banyak digunakan, bahkan dianggap sebagai salah satu cara pemasaran lawas, tapi tetap efektif hingga saat ini. Karena semua pengguna internet memiliki alamat email.

 

7. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer bukan istilah asing lagi dan sebagian besar orang sudah banyak yang menggunakannya, merujuk pada seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Biasanya, fans dari influencer akan membeli produk yang diiklankan atau direkomendasikan idolanya. Oleh sebab itu, banyak orang yang memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk mereka.

 

Dalam membuat campaign, Anda perlu memilih jenis campaign yang tepat untuk mendukung fungsi bisnis Anda. Metamorphosys Ada banyak pilihan yang tersedia, dan kami dapat membantu Anda memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami sekarang.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + fifteen =