Metamorphosys

Google Ads dan Facebook Ads merupakan dua platform untuk beriklan yang sering digunakan dalam digital advertising. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan platform ini untuk meningkatkan awareness, menambah penjualan atau mendatangkan audience baru. Mungkin untuk yang ingin beriklan dengan budget terbatas akan bingung untuk memilih beriklan di Google Ads atau Facebook Ads. Kira-kira apa aja sih perbedaan dari Google Ads dan Facebook Ads ? Yuk kita bahas perbedaan mereka.

Sebelum membahas perbedaan mereka. Kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Ads dan Facebook Ads.

 

 

1. Pengertian Google Ads dan Facebook Ads

 

Google Ads

Google Adwords atau yang biasa lebih dikenal dengan nama Google Ads adalah platform beriklan secara online yang dimiliki oleh Google dengan jumlah pengguna yang terus bertambah. Cara kerja Google Ads adalah mengiklankan website secara online sesuai dengan kata kunci dan target pasar dari bisnis Anda. Sistem yang digunakan oleh Google ini adalah Pay-Per Click dimana pengguna akan dikenakan biaya apabila ada calon pembeli yang mengklik iklan tersebut.

 

Facebook Ads

Facebook Ads adalah platform iklan berbayar secara online melalui Facebook. Iklan pada Facebook Ads menargetkan ke bagaimana audience persona yang dibuat berdasarkan demografis dan spesifikasi tertentu. Facebook memiliki pengguna aktif yang juga bertambah setiap bulannya. Jumlah pengguna ini dapat menjadi traffic untuk pelaku bisnis mencari pelanggan baru.

 

 

2. Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads

 

Targeting

Targeting dari Google Ads adalah berupa kata kunci yang akan diketikkan oleh audiens. Audiens yang menggunakan Google Ads biasanya sudah mengetahui apa yang ingin dia beli. Kita asumsikan Google Ads ini adalah sebuah pameran dimana bisnis kita membuka booth dan orang-orang akan datang ke booth kita. Jadi yang bergerak disini adalah audiens nya dan bukan pelaku bisnisnya.

Berbeda dari Google Ads, Facebook Ads dapat diasumsikan pelaku bisnis seperti membagi brosur kepada audiens. Jadi yang bergerak di sini adalah pelaku bisnis dan audiens akan menerima brosur-brosur tersebut. Targeting dari Facebook Ads adalah berupa audiens itu sendiri. Facebook Ads menggunakan Audience Persona sebagai dasar dari penargetan iklans. Karena Facebook itu sendiri merupakan sosial media, maka Anda bisa menggunakan informasi biodata yang dimasukan oleh pengguna seperti domisili, status pernikahan, daily-interest sebagai dasar untuk penargetan ads.

 

Model Bisnis

Sebelum menentukan untuk menggunakan Google Ads atau Facebook Ads, Anda harus mengetahui terlebih dahulu model bisnis Anda. Hal ini dikarenakan setiap platform memiliki tipe bisnisnya tersendiri agar iklan lebih efektif.

Google Ads cocok untuk model bisnis yang sifatnya audiens butuhkan dan audiens cari secara aktif. Biasa nya audiens ini sudah berada dalam fase ingin beli sehingga iklan-iklan pada Google Ads bersifat jelas, singkat, dan menjelaskan keunggulan dari produk atau layanan jasa dari bisnisnya.

Facebook Ads cocok untuk bisnis baru dimana audiens belum mengetahui banyak tentang produk tersebut. Iklan pada Facebook Ads biasanya lebih bersifat persuasif dan membuat audiens penasaran akan produk yang Anda iklankan.

 

Tampilan Iklan

Dalam menampilkan iklan untuk audiens, Google Ads menggunakan sistem intent yang artinya adalah saat audiens melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu maka iklan akan muncul pada mesin pencarian dengan sendirinya. Audiens sudah memiliki kesadaran untuk membeli produk tersebut sehingga dia pergi mencari ke Google. Sedangkan Facebook menggunakan sistem interest untuk menampilkan iklan ke audiens. Iklan yang muncul akan sesuai dengan apa yang biasa audiens lihat atau klik. Maka dari itu Facebook Ads sangat cocok untuk membangun brand awareness karena tampilan iklan yang bersifat personal ke audiens nya.

 

 

 3. Jadi Harus Pakai Google Ads atau Facebook Ads?

Google Ads dan Facebook Ads merupakan platform yang luar biasa dalam advertising. Kedua platform ini dapat melayani kebutuhan pelaku bisnis dalam beriklan secara online. Fungsi dari Google Ads dan Facebook Ads ini juga saling melengkapi satu sama lain. Maka dari itu memang lebih baik apabila kedua platform ini digunakan secara bersamaan. Namun, kembali lagi ke bagaimana strategi periklanan dari bisnis Anda agar hasil dari iklan dapat lebih maksimal.

Kalau Anda ragu dan bingung untuk memilih Google Ads dan Facebook Ads, Kami Metamorphosys siap membantu Anda. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen sosial media, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project” di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

 

Penulis : Calvin Aripratama


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + two =