Metamorphosys

Menentukan Target Audience untuk Pemasaran Digital

 

Audiens merupakan salah satu hal utama yang berperan dalam kelangsungan bisnis. Target audiens ini harus ditentukan terlebih dahulu sebelum menentukan harga produk, desain, dan detail lain dari produk yang akan dipasarkan. Apabila kamu salah menentukan target audiens, semua biaya marketing dan modal yang telah dikeluarkan akan menjadi sia-sia.

Pada era digital ini, semakin banyak orang yang mengakses internet salah satunya yaitu media sosial. Dengan media sosial ini, kamu dapat menjangkau lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan produk. Sebelum masuk ke media sosial, kamu harus menentukan terlebih dahulu target audiens agar strategi marketing yang dibuat tepat sasaran dan efektif.

 

Mulai Menentukan Target audience

Ada beberapa faktor yang dapat membantu untuk menentukan target pasar untuk produk kamu. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan target pasar, yaitu:

 

Segmentasi Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor pada saat menentukan target audiens. Tidak semua produk bisa dijual ke semua tempat. Setiap wilayah memiliki kebutuhan akan produk yang berbeda-beda sehingga perlu dicocokkan dengan karakteristik produk atau brand kamu.

Segmentasi lokasi ini mencakup lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi dan wilayah.Segmentasi berdasarkan lokasi ini penting untuk menentukan daerah atau wilayah mana saja yang potensial dijadikan target promosi.

 

Segmentasi Demografi

Salah satu segmentasi yang paling mendasar dalam menentukan target audiens adalah segmentasi demografi. Segmentasi demografi yaitu pengelompokan calon target audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, ras, agama, status pernikahan  jabatan dan lain sebagainya. 

Jika sudah mengetahui demografi calon audiens, maka kamu dapat mengetahui seberapa besar target pasar dan strategi pemasaran apa yang akan dilakukan.

Sebagai contoh, menu Happy Meal milik Mcdonald’s. Target dari penjualan ini ialah orang tua, hal ini dikarenakan anak-anak belum memiliki buying power. Meskipun targetnya adalah orang tua, branding yang dibuat untuk Happy Meal mencerminkan anak-anak baik dari desain, hadiah mainan dan cara penyampaiannya.

 

Segmentasi Psikologi

Selanjutnya yaitu menentukan audiens berdasarkan faktor psikologi dari target pasar. Contohnya yaitu didasarkan pada tingkat pendidikan, kelas ekonomi, pekerjaan, jumlah pendapatan dan lain sebagainya. Segmentasi ini juga biasa disebut segmentasi gaya hidup. Status ekonomi dan jenis pekerjaan akan mempengaruhi perilaku audiens dalam memilih dan mengkonsumsi suatu produk. Apabila kamu ingin menjual barang yang eksklusif dengan kualitas terbaik, maka target nya adalah mereka dengan tingkat ekonomi yang tinggi.

 

Kesimpulan 

Menentukan target pasar merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Target pasar membantu kita untuk membuat produk dan strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan audiens. Dalam menentukan target audiens, kita harus mengetahui terlebih dahulu segmentasinya berdasarkan lokasi, demografi, dan psikologis. Dengan demikian target audiens akan menjadi lebih jelas dan membantu bisnis kamu.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam menentukan target audiens, kami Metamorphosys siap membantu kamu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

 

 

Penulis : Calvin Aripratama


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 9 =