Metamorphosys

Di zaman yang serba digital ini, website merupakan salah satu alat yang penting dalam mempromosikan bisnis dan menjangkau target audiens. Sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa website Anda didesain ramah pengguna, menarik secara visual, dan juga informatif.

Namun, jika Anda belum puas dengan tampilan dan fungsi website Anda mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan langkah me-redesignwebsite. Sebuah redesign dapat memberikan suasana baru pada website Anda dan dapat membantu dalam mencapai tujuan bisnis Anda. 

Apabila Anda masih ragu apakah website Anda memang perlu redesign atau tidak, tetaplah berada di artikel ini untuk melihat apakah website Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini. Jika iya, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk melakukan pembaharuan website.

Baca Juga: Tips membuat User Interface Website jadi User Friendly

Apa itu Redesign Website?

Redesign website adalah proses memperbarui atau memodifikasi tampilan, navigasi, atau struktur sebuah situs web untuk meningkatkan fungsi, estetika, atau kinerja. Tujuannya dapat meliputi meningkatkan tingkat konversi, membuat situs web lebih mudah digunakan, atau memperbarui tampilan agar sesuai dengan standar desain terbaru. Redesain website dapat melibatkan perubahan besar pada situs web, seperti memodifikasi template atau menambahkan fitur baru, atau perubahan kecil seperti mengubah warna atau menambahkan teks.

Tanda-tanda Website Anda Butuh Redesign

Desain yang ketinggalan zaman, navigasi situs web yang buruk, user-experience yang buruk merupakan segelintir faktor yang mempengaruhi webiste Anda secara negatif. Namun, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mendesain ulang situs web Anda. 

Yuk, simak tanda-tanda di bawah ini untuk mengetahui apakah situs web Anda memerlukan pembaharuan atau tidak.

  • Desain Web yang Terlihat Ketinggalan Zaman

Dengan perkembangan tren yang berkembang pesat, akan sangat mudah bagi suatu desain website terlihat ketinggalan tren. Namun perlu digaris bawahi bahwa desain website yang bagus juga belum tentu harus mengikuti tren terkini. Yang perlu Anda lakukan sebenarnya adalah menganalisa bagaimana tampilan desain yang sesungguhnya terlihat ketinggalan zaman.

Berikut adalah beberapa poin yang bisa menjadi acuan apakah situs web Anda terlihat ketinggalan zaman atau tidak. Poin tersebut antara lain : 

  • Desain yang sudah dibuat 5 tahun atau lebih sebelumnya
  • Desain yang terlalu ramai, berkualitas rendah, terlalu banyak tabel
  • Tidak responsif saat di tampilan mobile/ponsel

contoh website yang butuh redesign

Sumber foto : https://jumixdesign.com/

  • Butuh Waktu yang Lama untuk Loading Website

Apabila situs web Anda ketika dibuka membutuhkan waktu lebih dari 2 detik untuk termuat secara lengkap, artinya situs web Anda terlalu lambat. Situs web yang terbuka secara lama beresiko membuat pelanggan potensial pergi meninggalkan situs web Anda. 

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa situs web Anda membutuhkan waktu yang lama untuk loading

  • Database yang terlalu besar
  • Menggunakan gambar tanpa optimasi/file gambar berukuran terlalu besar
  • Terlalu banyak menggunakan plugin
  • Pengguna Mengalami Kesulitan Ketika Mengakses Website

Kesulitan yang dimaksud pada poin ini adalah ketika user atau pengguna merasa kesusahan dalam mengakses website yang diakibatkan situs web memiliki user journey yang membingungkan, teks yang susah terbaca, hingga navigasi yang terlalu berbelit-belit. Kesulitan yang dialami oleh pengguna web menyebabkan user tidak ingin berlama-lama berada di situs web Anda.

  • Optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang Kurang Bagus

Sebuah situs web yang baik memiliki peringkat yang bagus di mesin pencarian yang dikarenakan situs web tersebut berfokus pada pengoptimalan SEO (Search Engine Optimization). Tujuan dari mengoptimalkan SEO adalah untuk ‘menjaring’ calon pelanggan untuk datang ke website Anda dan melakukan transaksi pembelian. 

Namun situs web yang tidak melakukan optimasi SEO biasanya akan sulit ditemukan calon pelanggan di internet. Hal ini akan berujung pada penjualan bisnis Anda ikut turun atau tidak terjadi kenaikan sama sekali. 

Salah satu penyebab yang membuat optimasi SEO di situs web Anda menjadi kurang baik adalah pemilihan kata kunci yang kuran tepat. Kata kunci merupakan pondasi awal dalam membangun SEO yang baik. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, yang Anda dapat lakukan adalah melakukan riset kata kunci yang sering digunakan oleh target audiens Anda. Selain itu Anda juga dapat mempelajari bagaimana pelanggan Anda mencari tahu informasi mengenai suatu produk. Dengan kata kunci yang tepat maka membawa pelanggan menuju website Anda.

  • Banyak Terdapat Error dan Bugs

Penyebab website Anda memiliki banyak error atau bugs bisa disebabkan karena situs web dibuat dengan buruk atau murah. Selain itu juga bisa diakibatkan karena plugin pada situs web Anda tidak ter-updated atau tidak kompatibel dengan plugin terbaru. 

Error pada website akan menyebabkan beberapa tampilan situs web tidak muncul secara sempurna yang menyebabkan website tidak tampil sebagaimana mestinya. Hal ini kemudian akan berpengaruh juga pada kenyamanan pengguna ketika membuka situs web Anda. Bila pengunjung website tidak nyaman berlama-lama di situs web Anda, bagaimana Anda mengharapkan user untuk membeli produk atau jasa Anda?

Sumber foto : https://www.codespeedy.com/

  • Tidak Responsif Saat di Tampilan Mobile/Ponsel

Apakah desain situs web Anda pada browser komputer terlihat responsif dengan browser di tampilan handphone? Atau justru Anda perlu memperbesar layar handphone untuk melihat keseluruhan desain situs web? Jika jawabannya iya, maka solusi yang perlu Anda lakukan adalah melakukan redesign pada website.

Mempunyai situs web yang responsif dengan tampilan ponsel merupakan hal yang penting karena perangkat ponsel lebih sering digunakan dalam browsing web. Dengan desain yang responsif, pengguna akan lebih mudah dalam membaca informasi atau melihat gambar tanpa harus memperbesar layar ponselnya.

Sumber foto : https://www.firstclasswebdesign.co.uk/

Manfaat atau Keuntungan Redesign Website

Setelah mengetahui tanda-tanda apa saja situs web perlu diperbaharui, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan melakukan redesign website

  • Memperbaharui Tampilan : Redesign website dapat membantu memperbarui tampilan situs web agar lebih modern dan menarik bagi pengunjung.
  • Mengoptimalkan User Experience (UX) : pembaharuan situs web membantu untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menyediakan antarmuka yang lebih mudah digunakan dan meningkatkan navigasi.
  • Meningkatkan Kecepatan dan Responsivitas : Redesign website bisa meningkatkan kecepatan loading dan responsivitas website, membuat website lebih mudah diakses melalui perangkat seluler.
  • Meningkatkan SEO : Redesign website yang benar dapat membantu meningkatkan ranking situs web Anda di mesin pencari, membantu meningkatkan visibilitas website dan meningkatkan lalu lintas organik yang pada akhirnya akan membawa kenaikan pembelian pada bisnis Anda.

Seberapa Sering Anda Perlu redesign Website

Kini yang mungkin menjadi pertanyaan Anda sekarang adalah, seberapa sering kita perlu memperbaharui situs web? 

Sebenarnya tidak ada jangka waktu pasti atau aturan baku yang harus dilakukan. Pembaharuan situs web bergantung pada jenis bidang Anda, jumlah halaman, fitur pada situs web, dan yang paling penting adalah tujuan dari situs web tersebut. 

Namun yang perlu diperhatikan ketika memiliki situs web adalah pemeriksaan yang dilakukan secara rutin. Pemeriksaan secara rutin dapat meliputi pengecekan pada plugin dan fitur-fitur website untuk memastikan situs website Anda tetap kompatibel dengan perangkat terbaru dan berjalan dengan baik apabila dikunjungi. 

Selain itu Anda juga tetap dapat menjadikan daftar tanda-tanda di atas  untuk membantu Anda dalam mempertimbangkan apakah situs web perlu dilakukan modifikasi secara total atau sedikit saja. 

Kesimpulan/Penutup

Memiliki sebuah website yang bagus bukan hanya akan menjadi kebanggaan bagi perusahaan, namun juga merupakan alat pemasaran efektif yang dapat meningkatkan penjualan. Namun apabila website yang Anda memiliki mulai mengalami beberapa tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk melakukan pembaharuan situs web. 

Namun, bila Anda masih ragu bagaimana cara untuk me-redesign situs web atau tidak tahu harus memulai dari mana, Metamorphosys bisa menjadi solusinya!

Metamorphosys adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya. 

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan Metamorphosys, klik button Start Project’ di metamorphosys.co.id dan tim kami akan senantiasa membantu Anda dalam proses redesign website Anda!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + two =