Metamorphosys

Mengenal Web3, yang disebut sebagai Masa Depan Internet

 

Saat dunia menjadi semakin digital, penting untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Salah satunya adalah web3, yang dipandang sebagai masa depan internet. Tapi apa itu web3? Bagaimana itu akan mengubah cara kita menggunakan internet? Dan apa saja manfaatnya? Dalam posting blog ini, kami akan menjawab semua pertanyaan itu dan banyak lagi. Kami akan mulai dengan menjelaskan apa itu web3 dan perbedaannya dari aplikasi web tradisional. 

 

1. Apa itu web3? 

Web3 atau Web 3.0 adalah evolusi internet yang diprediksi blockchain, teknologi yang ada dibagi cryptocurrency atau Non-Fungible Tokens (NFT). Pada dasarnya, Web3 adalah pengembangan dari versi Web 1.0 dan Web 2.0.

Web 3.0 membuat pengguna mengontrol data mereka sendiri. Mereka akan berpindah dari media sosial ke email atau belanja dengan satu akun dipersonalisasi, membuat catatan di Blockchain dari seluruh aktivitas.

 

2. Apa manfaat web3? 

Web 3.0 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Web 2.0 dan cara kita menggunakan Internet saat ini. Ini akan membuat web lebih pintar, lebih aman, dan lebih transparan, memungkinkan penjelajahan yang lebih efisien dan interaksi manusia dengan mesin.

Data privacy

End-users akan mendapat manfaat paling besar dari enkripsi data tingkat lanjut dengan tujuan untuk membuat perusahaan besar seperti Google dan Apple tidak mungkin mengelola atau menggunakan informasi pribadi orang untuk keuntungan mereka sendiri tanpa persetujuan Anda. Dengan cara ini, konsumen akan memiliki kontrol penuh dan privasi atas data mereka.

Objectivity

Pengguna akhir akan mengikuti data mereka dan memeriksa kode di balik platform terlepas dari platform blockchain mana yang mereka pilih. 

Data accessibility

Data akan tersedia dari lokasi mana pun dan di perangkat apa pun. Dengan mengizinkan ponsel cerdas dan perangkat lain yang terhubung untuk mengakses data, tujuannya adalah untuk memperluas pengumpulan data dan aksesibilitas ke orang-orang di seluruh dunia, di mana pun lokasinya.

 

3. Bagaimana cara kerja Web 3.0? 

Salah satu tujuan Web 3.0 adalah membuat pencarian Internet secara signifikan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih efisien, sehingga kata pencarian yang rumit pun dapat diproses dengan cepat.

Saat ini, pengguna harus terlibat dengan frontend aplikasi web 2.0, yang berkomunikasi dengan backend, yang kemudian berkomunikasi dengan database. Kode lengkap disimpan di server terpusat dan dikirimkan ke konsumen melalui browser web.

Web 3.0 tidak memiliki database terpusat untuk penyimpanan status aplikasi dan server web terpusat untuk pemrosesan backend. Sebagai gantinya, blockchain dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang berjalan di server terdesentralisasi dan dikelola oleh node anonim di internet.

 

Kesimpulan

Singkatnya, web3 adalah istilah untuk generasi berikutnya dari internet. Ini mengacu pada gagasan web terdesentralisasi, di mana data disimpan di blockchain publik dan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas informasi mereka.

Seperti yang Anda lihat, Web 3.0 memiliki banyak potensi, dan tidak lama lagi interaksi kita dengan Internet akan beralih ke pengalaman yang lebih baik dan independen. Ingin tahu lebih banyak tentang Web 3.0 atau Anda ingin memiliki aplikasi sendiri yang dikembangkan oleh para ahli di bidangnya, menggunakan teknologi terkini dan mengikuti tren terkini? Isi formulir kontak di situs web kami untuk menerima sesi konsultasi digital gratis.

 

Penulis : Firdaus


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 12 =