Metamorphosys

Startup punya banyak tugas penting di awal perjalanannya. Mencari pengguna potensial, memberikan produk berkualitas, dan mencoba memahami kondisi pasar adalah beberapa hal penting yang jangan sampai terlewatkan, terutama sebagai persiapan menuju era industri 5.0. Salah satu tindakan pelengkap untuk mendongkrak pertumbuhan bisnis startup adalah dengan strategi marketing, mulai dari memanfaatkan media sosial untuk promosi hingga membangun branding dari sejak awal. Diantaranya seperti memilih nama domain, logo, warna dan identitas lainnya yang bisa “melekat” di pikiran masyarakat.

 

Tujuan branding adalah untuk membuat menyampaikan pesan ke masyarakat dan pengguna baik melalui materi pemasaran atau melalui logo dan nama yang dipilih. Di sisi lain startup butuh kesemaptan untuk dikenal, dan dilihat oleh banyak orang untuk membuka kesempatan lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Membangun brand bagi startup sama halnya berinvestasi untuk meningkatkan “keterlihatan”, dan menempatkan posisi di masyarakat sebagai sesuatu yang diingat. Di samping itu brand juga jadi jalan yang tepat untuk menyampaikan value ke masyarakat.

 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan:
• Apa misi perusahaan Anda?
• Apa Manfaat dan fitur yang ada di produk atau layanan Anda?
• Apa yang pengguna dan pengguna potensial pikirkan tentang perusahaan Anda?
• Kualitas apa yang Anda ingin mereka (pengguna) kaitkan tentang perusahaan Anda?

 

Berikut ini peran-peran penting branding sebagai sarana pertumbuhan startup:

 

1. Mengetahui target pasar

Menciptakan startup tidak hanya tentang mengenai ide inovatif dan kreatif saja. Lebih dari itu, Anda harus menanamkan branding yang kuat. Mengapa demikian? Sebab, sebuah produk yang sudah dikembangkan dengan sedemikian rupa tidak ada artinya apabila tidak mempunyai target pasar yang tepat.

 

2. Mendapatkan investor

Saat ini sudah banyak investor-investor yang siap untuk mendanai startup, seperti angel investor, venture capital, dan lain-lain. Biasanya, investor akan mengincar perusahaan yang memiliki potensi perkembangan yang sangat bagus di masing-masing target pasar. Apabila branding startup tidak kuat, otomatis investor tidak akan memberikan dana kepada startup tersebut karena dianggap tidak memiliki potensi keuntungan di masa depan.

 

3. Menyaingi kompetitor

Branding bisa menjadi salah satu kekuatan untuk menyaingi kompetitor dengan membuat perbedaan dengan mereka. Menurut Digital Branding Institute, salah satu cara terbaik untuk melakukan branding startup adalah dengan menjual produk dikemas dengan menggunakan storytelling. Sebagai contoh, kompetitor melakukan branding produk dengan melakukan kampanye di media sosial. Dari situ, Anda bisa membuat kegiatan branding yang terlihat berbeda dengan menyisipkan cerita-cerita produk dan perusahaan agar terlihat semakin menarik.

 

4. Menciptakan customer loyalty

Lewat branding, orang-orang akan mengetahui produk atau layanan apa yang ditawarkan oleh startup. Dari hal tersebut, memungkinkan startup menciptakan customer loyalty yang tinggi. Sebab, setiap hari customer akan terus disuguhi dengan branding-branding yang dilakukan oleh startup. Lama-kelamaan, customer loyalty akan meningkat seiring berjalannya waktu.

 

5. Memperkuat identitas startup

Tujuan lain dari branding adalah untuk memperkuat identitas perusahaan itu sendiri. Kegiatan branding dapat Anda lakukan di berbagai tempat dan sarana apapun, misalnya secara online melalui platform media sosial ataupun lewat offline dengan memasang iklan di media-media dan billboard.

Di Metamorphosys, kami adalah Creative & Digital Marketing Agency di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen sosial media, membuat website, jasa fotografi dan videografi, dan sebagainya. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

 

Penulis: Ryan Stevan

Source:
https://dailysocial.id/post/pentingnya-branding-bagi-startup

Ketahui 5 Alasan Kenapa Branding Sangat Penting untuk Startup


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + four =