Metamorphosys

Prinsip 5A dalam Strategi Marketing 4.0

 

Strategi marketing mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan dari teknologi. Perkembangan zaman membuat strategi marketing juga ikut berubah. Marketing 1.0 berfokus pada produk yang dijualnya dan tidak melihat ke arah konsumen. Kemudian strategi ini berkembang menjadi marketing 2.0 yang lebih berorientasi terhadap apa kebutuhan dari konsumen. Setelah itu berkembang lagi menjadi marketing 3.0 yang berfokus pada manusia secara keseluruhan. Perubahan signifikan terjadi pada marketing 4.0 dimana strategi ini menggabungkan antara online marketing dengan offline marketing. Strategi marketing 4.0 tidak benar-benar menggantikan pemasaran secara tradisional, keduanya hadir bersama untuk mendapatkan atensi dari audiens.

 

Terdapat prinsip 5A yang biasa menjadi acuan pada strategi marketing 4.0. Apa saja prinsip 5A dalam marketing 4.0? 

 

1. Aware

Tahap pertama pada prinsip 5A adalah aware. Pada tahap ini, audiens mulai mengenal produk yang dijual melalui iklan berbagai media seperti brosur, iklan, atau spanduk. Ini juga merupakan tahapan awal yang akan membuat impresi terhadap brand dari audiens. Tahap ini bisa disebut sebagai tahap audience know”.

 

2. Appeal

Pada tahapan ini audiens mulai merasa tertarik dengan produk yang dijual. Audiens juga berpikir apakah mereka harus membeli produk tersebut atau tidak? Apakah audiens benar-benar membutuhkan produk tersebut? Pelanggan secara perlahan mengetahui kebutuhan mereka akan produk tersebut.Tahap ini bisa disebut dengan tahap “audience like”.

 

3. Ask

Tahapan ask adalah tahapan lanjutan setelah mereka berpikir akan kebutuhan terhadap produk tersebut. Audiens akan mulai melakukan pencarian informasi tentang produk yang sudah mereka pikirkan. Audiens dapat mencari informasi dari internet maupun menanyakan teman yang sudah pernah membeli produk tersebut. Tahapan ini yang akan meyakinkan pembeli terhadap produk yang dijual. Tahapan ini biasa disebut dengan audience convinced”.

 

4. Act

Audiens yang sudah mencari informasi tentang produk tersebut akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.Tahapan sudah memasuki fase audience buy”.

 

5. Advocate

Audiens yang puas dengan produk tersebut akan melakukan tahapan advocate yaitu merekomendasikan produk tersebut ke calon audiens lain. Audiens akan memberikan feedback, ulasan baik secara online maupun offline.Ulasan ini dapat menjadi acuan untuk calon audiens lainnya untuk memilih produk yang dijual. Dengan kata lain, tahapan ini dapat dikatakan sebagai tahapanaudience recommend”.

 

 

Kesimpulan

Sebagai marketer, mempersiapkan strategi marketing 4.0 dan memahami pengertian marketing 4.0 dapat membantu untuk mencapai target yang lebih ideal. Dengan adanya tahapan ini marketer dapat membaca situasi audiens mereka dan melakukan act berdasarkan sedang berada pada tahap mana audiens yang dituju.

Apabila Anda bingung dengan strategi marketing 4.0 kami Metamorphosys siap membantu Anda. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen sosial media, periklanan, membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

 

Penulis: Calvin Aripratama


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =