Metamorphosys

Media internet yang telah melaju pesat di era global ini membuat banyak perusahaan yang berlomba untuk mengepakkan sayapnya di dunia maya. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis atau perusahaan yaitu dengan cara membuat website company profile.

Memiliki website company profile dengan informasi dan dan desain yang menarik akan membantu klien untuk lebih percaya dan tertarik dengan produk atau layanan perusahaan karena dapat membangun citra yang baik. Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini sebelum kamu memutuskan untuk memakai jasa desain website company profile.

Baca Juga: Stt.. Ini Dia Rahasia Websitemu Ramai Pengunjung

Pengertian Website Company Profile

Website Company Profile merupakan sebuah situs yang digunakan untuk menjelaskan bisnis atau perusahaan. Mulai dari memperkenalkan visi dan misi perusahaan, layanan, produk yang ditawarkan, hingga rekam jejak perusahaan sejak didirikan. Website ini sangat kredibel untuk dijadikan sumber informasi terpercaya dan akurat yang diperlihatkan ke khalayak umum. 

Manfaat Website Company Profile

Website company profile memiliki banyak manfaat bagi sebuah perusahaan, mulai dari menampilkan informasi tentang perusahaan, hingga meningkatkan kehadiran online agar mudah ditemukan oleh pelanggan potensial melalui pencarian di mesin pencari seperti Google. Berikut penjelasannya:

1. Menampilkan informasi tentang perusahaan

Website company profile dapat digunakan untuk menampilkan informasi lengkap tentang perusahaan, seperti sejarah perusahaan, visi dan misi, produk atau layanan yang ditawarkan, struktur organisasi, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan citra perusahaan

Dengan memiliki website company profile yang profesional dan informatif, perusahaan dapat meningkatkan citra perusahaan dan memperlihatkan kredibilitas perusahaan di mata klien, mitra dan investor.

3. Memperluas jangkauan pemasaran

Dalam era digital seperti sekarang, website company profile dapat menjadi media pemasaran yang sangat efektif. Dengan adanya website, perusahaan dapat menjangkau pelanggan potensial di seluruh dunia dan memperluas pasar.

4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Dengan menyediakan informasi lengkap tentang produk atau layanan yang ditawarkan serta testimonial dari pelanggan yang puas, website company profile dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

5. Mempermudah komunikasi dengan pelanggan

Website company profile dapat digunakan sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggan, baik melalui formulir kontak atau chat, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengirimkan pertanyaan atau permintaan informasi.

6. Meningkatkan online presence

Dengan memiliki website company profile yang dioptimalkan untuk mesin pencari, perusahaan dapat meningkatkan online presence atau kehadiran online dan mudah ditemukan oleh pelanggan potensial melalui pencarian di mesin pencari seperti Google.

Dengan demikian, memiliki website company profile dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, baik untuk memperkenalkan perusahaan, meningkatkan citra perusahaan, memperluas pasar, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Informasi Yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Website Company Profile 

Beragamnya informasi yang disajikan harus mendukung tujuan perusahaan untuk membangkitkan minat investor atau pelanggan.  Hal utama pada website company profile umumnya berisi tentang gambaran mengenai perusahaan tersebut. Tak hanya itu, banyak pula aspek -aspek pendukung yang bisa menjadi acuan untuk mengisi website company profile, seperti:

1. Informasi detail perusahaan

Sediakan informasi-informasi detail terkait perusahaan untuk dikenalkan kepada audiens yang membaca website company profile. Anda bisa menuliskan mulai dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, email, tanggal perusahaan didirikan, dab biografi singkat perusahaan.

2. Informasi dasar perusahaan

Tulislah beberapa informasi terkait dasar atau pondasi didirikannya perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut mencapai kesuksesan dan kemajuan yang diimpi-impikan. Tuliskanlah bagaimana perusahaan itu tumbuh memalui sejarah penting yang dikemas dengan konsep milestone untuk menjabarkan perjalanan berdirinya perusahaan dari tahun ke tahun. Kemudian, jabarkan visi dan misi perusahaan, informasi terkait pendiri, struktur organisasi atau jajaran managemen inti perusahaan.

3. Informasi lingkup bisnis

Jelaskanlah bidang usaha, produk atau layanan yang ditawarkan, sistem kerja, daftar klien, case study atau portofolio, dan informasi terkait grup bisnis perusahaan jika ada. Jabarkan semenarik mungkin agar dapat memancing calon klien, mitra, dan investor yang potensial untuk menaruh perhatian pada perusahaan Anda.

4. Pencapaian perusahaan

Pamerkan pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh perusahaan. cantumkan penghargaan, sertifikat pengakuan, rekognisi media, testimoni klien, hingga review dari mitra dan pemerintah. Tujuan untuk memamerkan hal-hal tersebut yakni untuk menunjukan telah diakuinya perusahaan tersebut di bidang industrinya.

5. Informasi tambahan

Terdapat beberapa informasi lainnya yang perlu dicantumkan pada website company profile. Anda bisa menambahkan informasi rekrutmen, kegiatan perusahaan dan karyawan, FAQ (Frequently Asked Questions) atau pertanyaan yang sering diajukan terkait perusahaan, produk atau layanan, dan informasi lainnya yang terdapat di website company profile.

Contoh Website Company Profile 

Gambar: Desain Website Company Profile Ecorasa oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

Ciri-ciri Website Company Profile Yang Baik

Rangkaian pada website company profile harus bersifat lugas dan tidak bertele-tele. Penting bagi perusahaan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana ciri-ciri website company profile yang baik agar lebih mudah untuk menemukan referensi atau mengevaluasi hasil jasa website company profile. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari sebuah website company profile yang baik:

1. Konten yang relevan dan informatif

Konten website company profile harus relevan dengan bidang usaha perusahaan dan memberikan informasi yang berguna dan lengkap mengenai produk dan layanan yang ditawarkan, sejarah perusahaan, serta visi dan misi perusahaan.

2. Desain yang menarik dan profesional

Website company profile haruslah memiliki tampilan yang menarik dan profesional sesuai dengan branding perusahaan. Desain yang profesional akan memberikan kesan positif dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Hal tersebut juga berguna menunjukkan bahwa perusahaan tersebut serius dalam bisnisnya.

3. Responsif dan mudah digunakan

Website company profile harus mudah digunakan dan responsif, terutama di perangkat mobile (Mobile-friendly). Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mengakses web perusahaan dari berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet secara cepat dan optimal.

4. Navigasi yang mudah

Pengguna harus dapat dengan mudah menavigasi website company profile dan menemukan informasi yang dicari. Mudah tidaknya navigasi website ini bisa terwujud dari berbagai upaya, termasuk membuat struktur menu yang jelas dan runtut. Lalu penyematan hyperlink dari halaman-halaman populer pada bagian footer. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan kolom pencarian atau search bar untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan apa yang mereka cari. Menu navigasi yang jelas dan terstruktur dapat membantu pengguna menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. 

5. Dilengkapi dengan informasi kontak yang jelas

Website company profile harus menyediakan informasi kontak yang jelas dan mudah diakses, seperti alamat, nomor telepon, dan alamat email, dan media sosial. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk menghubungi perusahaan jika membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan bisnis dengan perusahaan.

6. Dilengkapi dengan testimoni dan portofolio

Website company profile yang baik harus dilengkapi dengan testimonial dari klien atau konsumen sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan. Portofolio yang menampilkan hasil pekerjaan sebelumnya bisa menjadi bukti nyata mengenai kualitas perusahaan tersebut.

7. Dilengkapi dengan halaman FAQ & Helpdesk

Website company profile yang baik harus memiliki halaman FAQ (Frequently Asked Questions) yang menjawab pertanyaan umum dari pengunjung mengenai produk dan layanan perusahaan. Halaman FAQ ini dapat membantu menghemat waktu dan usaha pengunjung dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Tak lupa, pertimbangkanlah juga untuk menyediakan sistem Helpdesk yang dioperasikan oleh seorang customer service. Gunanya, untuk mencatat permasalahan yang mungkin dihadapi pelanggan, menanganinya, dan membuat laporan untuk selanjutnya dijadikan bahan evaluasi.

Semua elemen di atas harus saling terintegrasi dengan baik sehingga website company profile dapat menjadi representasi yang baik dari perusahaan dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand perusahaan.

Kesimpulan

Website Company Profile yang dibuat dengan perhitungan yang matang akan sumber informasi terpercaya dan akurat yang diperlihatkan ke khalayak umum. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuat website company profile yang sesuai dengan perusahaan Anda, percayakan pada jasa desain website company profile Metamorphosys!

Metamorphosys adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya. 

Mari berkonsultasi dengan Metamorphosys, klik button Start Project’ di metamorphosys.co.id dan tim kami akan senantiasa membantu Anda dalam proses pembuatan website company profile untuk perusahaan Anda!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 16 =