Metamorphosys

Social media adalah sebuah media online di mana penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, membuat konten atau tulisan. Di era digital seperti sekarang, anak kecil hingga orang dewasa pasti memiliki social media. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam memberikan berbagai informasi untuk berbagai usia.Bukan hanya untuk berbagi informasi, social media juga telah menjadi sarana berkomunikasi dan berinteraksi secara online untuk melakukan pemasaran bisnis.Sebagai seorang pemilik bisnis, mencari, dan menemukan target pasar menjadi salah satu hal yang sulit. Namun kemungkinan besar dapat Anda capai dengan memanfaatkan social media. Bukan hanya itu, social media secara tidak langsung juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Berikut adalah beberapa alasan kenapa social media harus tetap Anda pakai walaupun keadaan sudah kembali normal.
Mengenal Pelanggan Lebih Dekat
Kunci sukses dalam sebuah bisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Dengan memiliki social media untuk bisnis, proses pengenalan pelanggan menjadi lebih mudah. Cobalah menggunakan tools pendukung seperti Facebook Insight untuk mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna social media (usia atau jenis kelamin).
Informasi ini dapat membantu dalam proses branding dan promosi kepada target yang tepat. Dalam menggunakannya, Anda juga perlu melihat tren usia pengguna masing-masing  social media sebagai acuan dalam memilih channel promosi hingga pembuatan konten yang dapat menarik target.
Mendengar Keinginan Pelanggan 
Feedback positif maupun negatif dari konsumen adalah salah satu hal penting yang dapat meningkatkan kualitas bisnis menjadi lebih baik. Melalui media sosial, Anda akan dapat dengan cepat menerima feedback dari pelanggan. Biasanya mereka akan mengirimkan komentar pada sebuah postingan ataupun mengirimkan direct message secara langsung.Dengan  social media, Anda juga dapat mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan. media sosial juga dapat menjadi salah satu alat untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.
Baca juga : Metaverse Masa Depan Semua Bisnis
Merespon dengan Cepat
Setelah pelanggan memberikan respon melalui  media sosial, sebagai perusahaan yang baik, Anda harus menanggapi semua feedback dengan baik dan cepat. Jika zaman dahulu pelanggan mengeluh melalui telepon, kini mereka akan menyampaikan keluhan melalui media sosial.
Namun, kebanyakan perusahaan hanya memfokuskan menjawab keluhan melalui telepon dan mengabaikan keluhan melalui media sosial. Padahal, keluhan pada  media sosial dapat dibaca dengan cepat oleh pelanggan yang mengikuti  social media Anda.
Jadi jangan pernah abaikan satu pun komentar pada media sosial dan cobalah buat SOP dalam penanganan keluhan dan pertanyaan melalui media sosial.
Melihat Persaingan Pasar
Melalui media sosial, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dari kompetitor. Dari informasi yang didapat, Anda dapat menganalisa informasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasaran.
Cobalah perhatikan followers kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka memasarkan produknya. Dengan bekal informasi tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat strategi dan rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target.
Anda juga bisa mulai membuat promo digital dengan membagikan referral code atau membuat kegiatan media sosial seperti kontes foto atau kuis untuk menarik dan meningkatkan daya saing pasar.
Meningkatkan Pengunjung Website
Semakin banyak pengunjung website, semakin besar juga peluang produk Anda dibeli. Dalam hal ini, media sosial dapat membantu meningkatkan pengunjung website dan berdampak positif terhadap website rangking pada halaman Google.
Jika Anda memiliki konten yang menarik, website Anda juga dapat memperoleh banyak traffic yang berdampak positif terhadap SEO. Jadi, untuk meningkatkan pengunjung dan traffic ke website, jangan lupa untuk memberikan link di setiap postingan  media sosial Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − ten =