Metamorphosys

Ketahui segmentasi pasar untuk mengembangkan bisnis kamu

Segmentasi pasar dapat menjadi target penjualan untuk produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Dengan segmentasi yang tepat, maka bisnis bisa dijalankan dan dikembangkan dengan optimal. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui tentang hal tersebut, sehingga mereka pun masih belum tahu target pemasarannya secara pasti.

Sebenarnya, apa itu segmentasi untuk pemasaran? Lalu, apa manfaat dan bagaimana cara melakukannya? Simak artikel berikut hingga tuntas dan pastikan kamu bisa mengembangkan pasar bisnis dengan optimal!

Apa Itu Segmentasi Pasar?

Bagi pelaku bisnis, baik dalam bentuk barang maupun jasa, pasti ingin produknya laku dan digunakan oleh banyak orang. Namun, untuk mencapai hal tersebut, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan, misalnya siapa saja yang menjadi target dalam pemasaran produk mereka.

Dengan segmentasi atau target yang sudah ditentukan, maka pebisnis akan mengetahui bagaimana cara memasarkan produknya dengan optimal. kamu juga akan lebih mudah untuk mengetahui sebesar apa tenaga yang diperlukan untuk mencapai target tersebut.

Hal ini bisa diibaratkan seperti seorang pemanah yang sudah menentukan targetnya. Jika sudah menentukan dan melihat targetnya, maka pemanah tersebut tahu akan mengarahkan busur panah ke mana dan memakai tenaga yang seberapa besar untuk bisa mencapai sasaran.

Maka dari itu, segmentasi menjadi hal yang penting dalam pemasaran produk. Jika melihat dari pengertiannya, segmentasi pasar bisa diartikan sebagai pembagian kelompok konsumen dengan memperhatikan berbagai hal seperti karakteristik, kebutuhan, serta perilaku.

Pasar yang tadinya hanya berjumlah satu dengan cakupan yang sangat luas, bisa kamu kelompokkan menjadi beberapa segmentasi yang sifatnya lebih homogen atau serupa. Dengan sifat yang serupa tersebut, maka kamu bisa melakukan berbagai penyesuaian, misalnya terkait pengaturan produk dan pemasarannya.

Ini merupakan strategi bisnis yang dilakukan dalam mengamati minat dan kebutuhan konsumen. Strategi ini penting untuk berbagai jenis bisnis dengan pasar yang cukup luas serta bervariasi. 

Dengan strategi ini, maka kamu bisa membuat produk yang sesuai dengan hal-hal tersebut, sehingga akan lebih menarik dan bermanfaat untuk dibeli.

Baca Juga: Pentingnya Bisnis untuk Berinvestasi pada Digital Presence.

Manfaat Segmentasi untuk Pasar

Strategi bisnis yang satu ini tentunya memiliki berbagai manfaat untuk pengembangan bisnis kamu. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika bisnis kamu telah menentukan segmentasi pasar yang tepat.

1. Menjadi Lebih Mudah dalam Mengatur Produk

Jika kamu sudah memiliki segmentasi untuk pasar bisnis kamu, berbagai pengaturan pun akan lebih mudah dilakukan. Pengaturan ini bisa disesuaikan dengan data dari konsumen, misalnya apa saja yang sebenarnya dia butuhkan dari produk atau jasa bisnis kamu.

Karena sudah mengetahui dan mengenal sasaran serta berbagai karakteristiknya, maka kamu bisa lebih menyesuaikan berbagai hal terkait produk kamu. Dengan begitu, maka kamu bisa mengaturnya dengan lebih optimal.

2. Mengembangkan Produk atau Jasa

Selain lebih mudah dalam mengatur produk, kamu juga akan lebih mudah jika akan mengembangkannya. Misalnya, ketika akan membuat jenis produk baru, maka kamu melihat segmentasi dari pasar kamu.

Berbagai analisis kebutuhan konsumen bisa diperhatikan, sehingga dapat membuat produk baru yang maksimal. Selanjutnya, target penjualan pun bisa tercapai dengan optimal karena produk yang kamu buat sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

3. Pemasaran Produk menjadi Lebih Jelas

Selain mempermudah kamu dalam mengatur produk, kamu juga akan lebih terbantu dalam hal pemasaran produk. Dengan data konsumen atau calon konsumen yang sudah jelas, maka target pemasaran akan lebih mudah dituju.

Gagasan pemasaran pun dapat kamu tentukan dengan jelas dan terkontrol. Misalnya, produk akan dipasarkan ke mana, dengan cara bagaimana, dan dalam jumlah berapa banyak.

Setiap segmentasi pasar bisa jadi memiliki karakteristik yang berbeda dalam membeli produk. Misalnya, ada yang lebih nyaman jika membeli langsung ke toko, namun ada juga yang lebih nyaman menggunakan fasilitas online. Hal ini bisa kamu jadikan pertimbangan dalam pemasaran produk.

4. Dapat Melihat Perbandingan Pasar

Ketika sebuah bisnis menerapkan segmentasi, maka akan diketahui berbagai hal tentang karakteristik, kebutuhan, daya beli, dan jenis marketing yang disukai oleh konsumen atau pelanggan.

Tentunya, setiap segmentasi bisa jadi memiliki ukuran yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat kamu lihat dan dibandingkan. kamu bisa mengetahui segmentasi mana yang lebih banyak dan lebih sedikit dalam membeli produk.

Hal ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, misalnya untuk mengatur jumlah produk yang akan dipasarkan, mengatur jenis pemasarannya, dan sebagainya.

5. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Dengan melakukan segmentasi pasar bisnis kamu dan memanfaatkannya dalam pengaturan produk serta pemasarannya, maka kamu bisa menaikkan loyalitas konsumen.

Ketika kamu lebih memahami kebutuhan dan minat konsumen, maka penjualan bisa lebih meningkat. Konsumen kamu akan lebih nyaman dan puas dengan berbagai produk yang ditawarkan.

Prosedur dan Cara Melakukan Segmentasi untuk Pasar

Ada beberapa prosedur yang bisa dilakukan untuk menentukan dan mencapai target pasar dengan optimal. Berikut merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai pebisnis, pastikan semua prosedur dilakukan dengan maksimal.

1. Survey Stage

Prosedur yang pertama adalah tahap eksplorasi yang juga banyak disebut dengan survey stage. Ada berbagai bentuk survei yang bisa dilakukan oleh pebisnis atau perusahaan, sesuai dengan situasi dan kondisi.

Sebagai contoh, bisa dilakukan dengan metode wawancara, menyebarkan kuesioner, atau dengan meminta berbagai saran dari masyarakat. Tujuan dari survei ini yaitu untuk memperoleh data awal tentang masyarakat di suatu tempat.

Data tersebut bisa terdiri dari berbagai hal, misalnya karakteristik, minat, daya beli, motivasi terhadap suatu produk, dan sebagainya. Ini juga dapat disesuaikan dengan jenis produk yang akan dipasarkan.

2. Analisis Stage

Ketika berbagai data sudah diperoleh dari prosedur pertama, maka selanjutnya kamu bisa menganalisis data tersebut. Dari data konsumen, kamu bisa mencari tahu berbagai alasan pembelian dan motivasi konsumen.

3. Profiling Stage

Setelah melakukan analisis berdasarkan data survei, maka kamu mulai bisa mengidentifikasi dan mengelompokkan konsumen ke beberapa segmentasi. kamu bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan sikap, motivasi, dan juga penyebab yang sama dalam pembelian produk.

Dari proses identifikasi tersebut, maka kamu bisa menemukan nama-nama kelompok yang strategis untuk menjadi target penjualan. Produk yang ditawarkan pun bisa lebih disesuaikan dengan karakteristik dan sifat dari mereka.

Tahap terakhir ini disebut dengan profiling stage atau tahapan dalam mengidentifikasi konsumen. Pastikan tahap penting ini kamu lakukan dengan tepat, sehingga segmentasi pun bisa diatur dengan lebih optimal.

Itulah berbagai penjelasan terkait segmentasi pada pasar bisnis, mulai dari pengertian, manfaat, hingga prosedur dan cara melakukannya. Setelah membaca hingga tuntas, tentunya kamu bisa mengetahui sepenting apa memahami strategi segmentasi ini.

Bagi seorang pebisnis, pengetahuan ini sudah sepantasnya menjadi hal yang diperhatikan dan diterapkan dengan optimal. Dengan begitu, maka bisnis yang dikelola bisa mencapai target penjualan yang optimal dan bisa dikembangkan dengan lebih luas lagi.

 

Itu dia beberapa penjelasan dan tips tentang segmentasi pasar. Apabila kamu merasa kesulitan dalam menentukan segmentasi pasar pada brand kamu, Metamorphosys siap membantu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis kamu!

Calvin Aripratama


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =