Metamorphosys

Dunia kita semakin terhubung secara digital, dan banyak orang menghabiskan waktu mereka di internet. Untuk membangun dan memperluas jangkauan bisnis, berinteraksi dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, penting untuk sebuah bisnis berinvestasi pada digital presence.

Namun, apa itu digital presence sendiri dan apa manfaat jangka pendek dan panjangnya untuk sebuah bisnis? Simak dengan baik artikel ini dan pahami betapa pentingnya pentingnya bisnis untuk berinvestasi pada digital presence.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Jualan di Instagram

1. Apa Itu Digital Presence?

Digital presence atau kehadiran digital adalah cara suatu bisnis menjangkau publik secara online melalui berbagai platform. Jangkauan ini dapat mencakup halaman di situs web organisasi, platform e-commerce, aplikasi mobile, postingan di profil media sosial, iklan digital, dan bentuk komunikasi digital lainnya.

Selain platform yang dikontrol oleh tim digital marketing bisnis tersebut, publik juga bisa berkontribusi pada digital presence, contohnya yaitu saat mereka mengunggah ulasan atau membagikan postingan di media sosial terkait bisnis atau produknya.

2. Pentingnya Digital Presence untuk Bisnis

Dunia kita semakin terhubung secara digital, dan banyak orang menghabiskan waktu mereka di internet. Dengan memiliki digital presence yang kuat, bisnis dapat membangun dan memperluas jangkauan mereka, berinteraksi dengan audiens yang lebih luas, dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan atau pengikut mereka.

Dikutip dari Forbes.com, sebuah penelitian oleh Salesforce Survey menunjukan bahwa 85% konsumen melakukan riset sebelum melakukan pembelian secara online, dan di antara channel-channel digital marketing, yang paling banyak digunakan untuk riset adalah situs web (74%) dan media sosial (38%). Akibatnya, bisnis perlu memiliki strategi online yang efektif untuk meningkatkan brand awareness dan tumbuh lewat digital presence.

3. Apa Manfaat Jangka Pendek dan Panjang Digital Presence untuk Bisnis

Manfaat digital presence untuk bisnis dapat dirasakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dalam kedua jangka waktu tersebut:

Manfaat Jangka Pendek

  • Meningkatkan visibilitas dan pemahaman pasar

Dengan digital presence, bisnis Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari dan media sosial. Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan brand awareness secara cepat. Selain itu, melalui alat analitik digital, Anda dapat memahami perilaku konsumen dan preferensi mereka dengan lebih baik.

  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Digital presence memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda melalui media sosial, email, dan platform komunikasi lainnya. Anda dapat merespons pertanyaan, memberikan dukungan pelanggan, dan merespons umpan balik dengan cepat. Ini dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

  • Peningkatan penjualan dan konversi

Dengan adanya digital presence, bisnis dapat menjual produk atau layanan secara online, memberikan pelanggan kemudahan untuk melakukan pembelian. Selain itu, strategi digital marketing seperti ads dan email marketing dapat membantu meningkatkan konversi dan penjualan.

  • Pengurangan biaya pemasaran

Digital presence dapat menjadi alternatif yang lebih hemat biaya dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas dengan biaya yang relatif lebih rendah melalui iklan online, media sosial, dan kampanye email.

Manfaat Jangka Panjang

  • Membangun trust  dan brand image

Digital presence yang konsisten dan kuat dapat membantu membangun trust atau kepercayaan pelanggan dalam jangka panjang. Dengan menyediakan konten berharga, memberikan solusi atas masalah pelanggan, dan memberikan pengalaman positif, Anda dapat memperkuat brand image atau citra merek Anda dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

  • Ekspansi pasar

Melalui digital presence, bisnis dapat menjangkau pelanggan di berbagai wilayah geografis. Anda dapat menjual produk atau layanan Anda di pasar lokal, regional, nasional, atau bahkan internasional. Ini membuka peluang ekspansi pasar yang lebih luas dan pertumbuhan bisnis yang signifikan.

  • Pemantauan dan optimisasi yang berkelanjutan

Melalui alat analitik digital, Anda dapat terus memantau kinerja kampanye pemasaran, perilaku konsumen, dan tren pasar. Dengan memahami data ini, Anda dapat mengoptimalkan strategi digital Anda secara terus-menerus, mengidentifikasi peluang baru, dan mengatasi tantangan yang muncul.

  • Pemilihan tenaga kerja yang lebih baik

Digital presence yang kuat dapat membantu Anda menarik bakat dan calon karyawan yang berkualitas. Bisnis yang terlihat aktif dan sukses secara online cenderung menarik minat para profesional yang ambisius dan potensial.

Manfaat jangka pendek dapat menjadi landasan yang kuat untuk pertumbuhan jangka panjang digital presence bisnis Anda. Sangat penting untuk terus mengembangkan strategi digital presence bisnis agar tetap relevan dan mengikuti perkembangan tren dan perubahan perilaku konsumen.

4. Berapa Budget yang Perlu dialokasikan untuk Berinvestasi Pada Digital Presence

Budget yang perlu dialokasikan untuk berinvestasi untuk mengembangkan digital presence bisnis dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran bisnis, industri, tujuan bisnis, dan strategi yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan anggaran untuk mengembangkan digital presence:

  • Pembuatan, optimasi, dan pemeliharaan situs web

Situs web merupakan aset digital yang penting untuk bisnis. Biaya yang terkait dengan pembuatan situs web dapat meliputi desain, pengembangan, hosting, dan pemeliharaan.

Selain itu, web Anda juga membutuhkan strategi SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil pencarian organik. Ini melibatkan penerapan strategi dan taktik tertentu. Jika Anda ingin mempercepat pertumbuhan digital presence Anda, mengalokasikan anggaran untuk iklan online bisa menjadi pilihan. Contohnya dengan beriklan lewat Google ads. Anggaran ini dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas web dan layanan optimisasinya.

Gambar: Pembuatan, optimasi, dan pemeliharaan situs web Dinar Makmur oleh Metamorphosys

  • Aktivasi media sosial

Aktivitas di media sosial dapat membantu memperluas jangkauan dan interaksi dengan pelanggan. Konten yang berkualitas adalah kunci dalam membangun digital presence yang kuat di media sosial. Anda perlu mengalokasikan anggaran untuk produksi konten, pembuatan video, atau desain grafis.

Selain itu, promosi konten melalui ads juga memerlukan alokasi anggaran. Anda perlu mengalokasikan anggaran untuk iklan dan promosi di platform media sosial tertentu, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada tujuan kampanye dan audiens target.

Gambar: Aktivasi media sosial Paramount Petals oleh Metamorphosys

Penting untuk dicatat bahwa anggaran digital presence dapat bervariasi dan perlu disesuaikan dengan prioritas bisnis Anda. Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan dan strategi bisnis Anda, lalu alokasikan anggaran yang sesuai untuk mencapai hasil yang diinginkan.

5. Langkah Awal yang Perlu Disiapkan Sebuah Bisnis untuk Mengembangkan Digital Presence

Sebelum menginvestasikan budget untuk mengembangkan digital presence bisnis Anda, ada beberapa langkah awal yang perlu disiapkan. Berikut adalah beberapa langkah penting yang bisa Anda ikuti:

  • Tentukan tujuan dan strategi digital

Pertama-tama, tentukan apa yang ingin Anda capai melalui digital presence bisnis Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan, membangun merek, atau tujuan lainnya? Setelah itu, buat strategi yang jelas untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Pelajari tren dan inovasi

Dunia digital terus berkembang, jadi penting untuk tetap mengikuti tren dan inovasi terbaru. Pelajari perkembangan dalam teknologi digital, media sosial, pemasaran online, dan alat-alat yang baru muncul. Dengan tetap beradaptasi, Anda dapat tetap relevan dan memanfaatkan peluang yang muncul.

Metamorphosys hadir untuk membantu bisnis Anda membangun digital presence secara maksimal untuk meraih peluang sebanyak-banyaknya dari dunia digital.

Kami dapat membantu Anda untuk menyelaraskan strategi digital presence yang dibutuhkan sesuai tujuan bisnis Anda. Kami memahami bahwa tren dan inovasi selalu berkembang pesat setiap harinya, dan kami terus memperkaya diri dengan pemahaman dan skill yang dibutuhkan.

Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan, membuat website, jasa fotografi serta videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun digital presence bisnis Anda!

Penulis: Sarah Nuril Iffa


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 19 =