Metamorphosys

Bagaimana cara berbisnis di Instagram?

Cara Berbisnis di Instagram wajib diketahui oleh para pebisnis masa kini. Sebab Instagram menjadi salah satu platform dengan banyak pengguna di dunia. Data terakhir di tahun 2023 ada sebanyak 2 miliar pengguna aktif Instagram. Sehingga membuat Instagram menjadi salah satu platform untuk berbisnis di dunia digital

kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dan melancarkan strategi digital marketing dengan memaksimalkan penggunaan Instagram bagi bisnis. Di artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai Instagram Bisnis.

Baca Juga: Cara Mudah Menambah Followers Instagram Untuk Bisnis

Manfaat Instagram untuk Bisnis kamu

Instagram saat ini bukan hanya sekadar sosial media untuk berbagai foto dan video saja, namun sudah menjadi bagian penting dari digital marketing. Instagram menjadi salah satu channel dalam melakukan digital marketing. Banyak fitur-fitur di Instagram yang memudahkan para penggunanya dalam melakukan promosi bisnis. 

Untuk membuat kamu lebih yakin dalam memanfaatkan Instagram untuk bisnis kamu, akan kami paparkan apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan penggunaan Instagram bisnis di bawah ini!

1. Memperoleh Insight 

Fitur Instagram insight akan sangat bermanfaat sebagai salah satu cara berbisnis di Instagram. Fitur ini akan menunjukkan data demografi dari followers atau audience akun Instagram kamu. Instagram insight sebagai tool analytics yang dapat kamu nikmati jika memakai Instagram bisnis. 

Setiap kamu melakukan posting, maka kamu bisa melihat data statistic audience yang menikmati konten kamu. Datanya cukup mendetail dan bisa menjadi bahan evaluasi bagi kamu. Sehingga kamu lebih bisa mengenal audience kamu dan menyajikan konten yang sesuai dengan mereka. 

2. Cara yang Mudah untuk Promosi

Tidak hanya memanfaatkan feeds dan story saja, dalam melakukan promosi di instagram kamu juga bisa membuat video panjang yang interaktif di reels. Sehingga kamu bisa menonjolkan kekuatan audiovisual dan menyajikan promosi yang lebih variatif. 

Tidak hanya melalui teks caption, kamu dapat melakukan promosi maksimal dari segi visual melalui foto dan video dari konten kalian.

3. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Berdasarkan dari data yang dihimpun oleh Statista, sebanyak 89 juta pengguna Instagram aktif tinggal di Indonesia. Hal ini dapat menjadi peluang bagi kamu untuk menarget lebih banyak audiens agar mengenal bisnis kamu. 

Target sudah tersedia dalam jumlah yang besar, tinggal bagaimana kamu mampu atau tidak untuk menyusun strategi yang dapat meraih audiens tersebut. 

4. Beriklan ke Customer yang Potensial

Selain melakukan aktivitas promosi gratis, dengan Instagram kamu juga dapat boosting akun dan postingan kamu dengan iklan berbayar. Syarat dan ketentuannya termasuk mudah dan tidak ribet saat melakukan pemasangan iklan. 

Dengan memasang iklan, maka kamu bisa menjangkau customer yang memang potensial. Nantinya kamu juga akan mendapatkan insight dari hasil iklan, sehingga kamu bisa melakukan evaluasi dengan mudah. 

5. Riset Kompetitor

Melakukan riset kompetitor bisnis kamu itu penting, jika kamu ingin terus bertahan di tengah gempuran persaingan bisnis. Saat ini telah banyak bisnis yang menjalankan Instagram bisnis.

Sehingga kamu bisa melakukan riset, seperti apa strategi yang diterapkan oleh kompetitor kamu. Dari situ kamu bisa menduplikasi formula kesuksesannya atau kamu jadi dapat melihat peluang yang tidak diambil oleh kompetitor. 

6. Sebagai Katalog Produk

Jika kamu memiliki bermacam-macam produk atau layanan yang ingin kamu tawarkan ke pelanggan. Cara berbisnis di Instagram adalah dengan memaksimalkan penggunaan fitur katalog produk. 

Sehingga akan lebih mudah bagi calon customer mengenali produk kamu. Taruh detail informasi produk kamu di katalog, maka customer jadi lebih mudah dalam mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis kamu. 

7. Lebih Dekat dengan Pelanggan

Instagram bisa menjadi salah satu platform yang membuat kamu lebih mengenali target audience atau buyer persona kamu. 

Mereka yang mengikuti akun kamu adalah orang-orang yang memang telah memiliki ketertarikan akan bisnis kamu. Sehingga kamu bisa berinteraksi dan memabngun kedekatan dengan mereka. 

Hal ini tentu akan meningkatkan loyalitas pelanggan, serta membuat audiens bisa kembali lagi mengunjungi bisnis kamu. Tak jarang banyak pelanggan yang memanfaatkan Instagram sebagai fitur untuk bertanya pada brand atau bisnis. Pastikan kamu memberikan respon yang tanggap karena dengan demikian mereka bisa merasakan.

Tiga Cara Berbisnis di Instagram yang Bisa kamu Lakukan!

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa memulai bisnis dengan Instagram:

1. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis dengan akun Instagram adalah dengan mengoptimasi akun kamu. Pastikan bahwa kamu suah mengubah akun kamu menjadi akun instagram bisnis.

Setelah itu, kamu bisa melakukan penyesuaian atau setting agar profil Instagram bisnis kamu jadi lebih menarik. kamu melakukan update bio dan foto profil, melengkapi kontak, dan link bisnis kamu di profile Instagram.

2. Menciptakan Konten yang Relevan

Cara berbisnis di Instagram yang kedua adalah dengan membuat konten yang relevan dengan audiens kamu. Buatlah konten-konten yang akan menarik perhatian audiens dan berhasil menciptakan engagement Dukung dengan penggunaan caption yang powerful dan berisi Call To Action

Untuk memudahkan kamu dalam posting konten sebaiknya membuat konsep content guidelines bulanan, sehingga lebih rapi dan terstruktur. kamu juga bisa memaksimalkan fitur link atau swipe up ketika membuat Instagram story. Jangan lupa juga untuk memaksimalkan fitur highlight

3. Maksimalkan Instagram Marketing

Cara selanjutnya, kamu bisa memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dengan menjalankan Instagram Ads, Story Ads dan bekerja sama dengan Instagram influence. Strategi ini akan membantu pertumbuhan akun Instagram bisnis kamu dengan lebih cepat dan efektif. 

Tentu saja akan mengeluarkan budget berlebih, namun jika kamu sudah menyusun strategi yang matang maka hasilnya juga akan maksimal.

Perbedaan Akun Instagram Bisnis dan Personal

Setelah mengetahui cara berbisnis di Instagram, tentu kamu bertanya-tanya apa perbedaan antara akun bisnis dengan akun biasanya? Berikut ini adalah fitur-fitur yang membedakan antara Instagram bisnis dengan akun Instagram personal.

1. Profil Akun

Pada akun Instagram personal, kamu hanya bisa menambahkan email dan bio. Sementara untuk Instagram bisnis, kamu bisa menampilkan kategori bisnis dan menambahkan alamat perusahaan.

2. Call Button 

Untuk akun Instagram personal, orang lain hanya bisa mengirimkan direct message kepada kamu. Namun dengan akun bisnis, maka kamu bisa menampilkan nomor telepon dan juga email kamu.

3. Cek data pada akun kamu dengan fitur Insight

Pada akun bisnis, kamu bisa memperoleh data insight akun kamu yang memuat account reach, engaged serta total followers. Hal itu tidak akan bisa kamu peroleh hanya dengan akun Instagram biasa. 

Sehingga dengan akun bisnis, akan lebih mudah bagi kamu Memantau pertumbuhan akun bisnis kamu.

4. Instagram Boost Post

kamu bisa melakukan iklan  boosting postingan kamu agar menjangkau lebih banyak dengan fitur Ad bagi Instagram bisnis. Tentu saja tidak akan kamu jumpai di akun personal. Dengan instagram boost post kamu bisa melakukan iklan dengan beberapa opsi seperti: 

  • Brand Awareness: untuk meningkatkan kesadaran akan bisnis atau produk di antara pengguna yang belum pernah mendengar tentang bisnismu.
  • Reach: menampilkan iklan kepada sebanyak mungkin orang yang menjadi target audiens bisnismu.
  • Traffic: mendorong klik ke situs web, aplikasi, atau URL lainnya.
  • Apps install: menarik pengguna untuk mengunduh aplikasi bisnis kamu.
  • Engagement: meningkatkan komentar, like, share, hingga tanggapan acara pada iklan yang ditayangkan.
  • Video views: menayangkan video kepada para pengguna yang kemungkinan besar akan menonton kontenmu.
  • Lead generation: untuk mengumpulkan info pribadi dari pengguna yang tertarik pada bisnismu.
  • Messages: mengirimkan pesan kepada pengguna yang berisi tentang penawaran bisnismu.
  • Conversions: mendorong penjualan atau konversi pendaftaran di situs web atau aplikasi bisnis.
  • Catalog sales: mempromosikan penjualan dari katalog toko online milikmu.
  • Store traffic: mengarahkan pengguna untuk mengunjungi lokasi fisik (offline store).

5. Instagram Shop

kamu bisa memaksimalkan penggunaan Instagram shop dengan update katalog yang memudahkan pelanggan melihat produk yang kamu tawarkan. Fitur ini tidak ada di Instagram personal.

Apabila kamu merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis di Instagram, Metamorphosys siap membantu kamu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis kamu!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − one =