Mengenal Merek Gap?
Gap adalah sebuah merek terkenal, di industri pakaian dan aksesoris pengecer yang didirikan pada tahun 1969
Gap berdiri sebagai salah satu pengecer khusus global terbesar karena popularitasnya di seluruh negara eropa maupun asia. Pada tahun 2010, menyusul penurunan penjualan setelah Krisis Keuangan 2008, Gap memutuskan untuk mendesain ulang logo yang sudah berdiri selama 20 tahun, sehingga memunculkan fenomena ‘Gapgate’. Artikel ini akan membahas kegagalan desain ulang logo ini, menyoroti pelajaran yang harus dipelajari oleh perusahaan dalam hal strategi pengembangan merek atau strategi rebranding untuk perusahaan.
Perubahan Logo Gap
Logo lama Gap yang sangat dikenal, yang mewakili merek dari tahun 1990 hingga 2010, adalah kotak biru tua sederhana yang menampilkan nama ‘Gap’ dalam tulisan serif putih. Biasanya, sebuah merek akan mengalami rebranding visual setelah perubahan signifikan dalam strategi perusahaan, yang menjamin sinyal visual untuk sesuatu yang baru dalam organisasi. Oleh karena itu, pergolakan logo asli yang hampir selesai pada tahun 2010 terbukti menjadi kejutan yang dirasakan (dan diungkapkan) baik di kalangan konsumen maupun komunitas profesional.
Logo baru Gap: 6 Oktober 2010
Logo Gap lama menghilang hampir dalam semalam. Logo tersebut langsung berubah pada 6 Oktober 2010, dengan logo baru yang menampilkan kotak biru tua yang jauh lebih kecil dan nama ‘Gap’ ditulis dengan huruf Helvetica hitam tebal. Logo baru ini dirancang oleh agensi kreatif terkemuka di New York, Laird and Partners, yang memiliki reputasi kuat di bidang branding dan komunikasi di industri fashion. Diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 100 juta. Wakil presiden komunikasi perusahaan Gap, Bill Chandler, ketika ditanya tentang perubahan tersebut, berkata, “Kami percaya ini adalah ekspresi yang lebih kontemporer dan modern. Satu-satunya anggukan ke masa lalu adalah masih ada kotak biru, tetapi terlihat ke depan”. Seorang juru bicara Gap menambahkan bahwa logo baru itu dimaksudkan untuk menandakan transisi Gap dari “klasik, desain Amerika” menjadi “modern, seksi, dan keren.”
Gap tampaknya telah memulai misi untuk memodernisasi dan meremajakan perusahaan, bersama dengan angka penjualan dan harga sahamnya. Dorongan untuk memodernisasi ini telah dikritik sebagai “kepanikan untuk melakukan sesuatu, dan cepat“, untuk memperbaiki penurunan penjualan (Baekdal, 2010), dengan angka yang menunjukkan bahwa penjualan toko yang sama pada saat itu turun 4%, menyusul penurunan 10% tahun sebelumnya. Konsensus kedua adalah bahwa Gap hanya mengalami “kelelahan merek” setelah mempertahankan logo yang sama selama lebih dari 20 tahun, mendesain ulang “demi perubahan” (Enderwick, 2014).
Berapa Lama Logo Gap Baru Bertahan?
Logo lama kembali: 12 Oktober 2010
Dalam perputaran cepat yang memalukan, Gap mengambil keputusan untuk kembali ke logo lama 1990 setelah kurang dari satu minggu (pada 12 Oktober 2010). Juru bicara yang sama, sekarang mundur dari komentar aslinya “modern, seksi dan keren”, menyatakan bahwa “kami telah belajar betapa banyak energi yang ada di sekitar merek kami, dan setelah banyak berpikir, kami telah memutuskan untuk kembali ke ikon kami. logo kotak biru”.
Apa yang Dapat Dipelajari Merek dari Kesalahan Gap?
Studi kasus ini telah mengungkapkan bahwa logo perusahaan memainkan peran sentral dalam menghubungkan konsumen dengan merek, dan oleh karena itu dalam meningkatkan ekuitas merek. Berikut adalah empat pelajaran utama yang dapat dipetik dari kesalahan Gap dalam penilaian
rebranding:1.
Pelanggan Lebih Peduli daripada yang Anda Pikirkan
Sebisa mungkin kita semua mencoba untuk tidak menilai buku dari sampulnya – kita semua melakukannya. Hal yang sama berlaku untuk merek. Kami sering menilai sebuah merek hanya berdasarkan logo dan estetikanya saja, dan Gap telah membuktikan bahwa mengubah logo Anda dapat merusak sejauh mana orang dapat mengenali dan mempercayai Anda. Merek harus menyadari bahwa konsumen tidak bosan dengan logo secepat yang mungkin dilakukan karyawan, karena mereka lebih jarang terpapar logo tersebut. Jika Anda berencana untuk mengubah logo Anda, ada baiknya untuk memperingatkan pelanggan Anda terlebih dahulu karena mereka mungkin lebih peduli daripada yang Anda pikirkan.
baca juga : 5 tips sosial media design yang “outstanding”
- Logo Anda Mewakili Siapa Anda
Mengubah identitas visual Anda memiliki kekuatan untuk mengubah cara konsumen memandang Anda. Logo sering kali merupakan cara paling efisien untuk menyatakan siapa Anda karena logo hampir selalu menjadi hal pertama (selain nama merek) yang dihubungi konsumen. Membuat perubahan visual yang signifikan memiliki efek menggusur semua asosiasi merek yang terbentuk sebelumnya, menempatkan Anda kembali ke titik awal dalam hal mengembangkan identitas Anda. Daripada menghilangkan esensi keseluruhan dari logo Anda, buatlah perubahan kecil dan bertahap yang memungkinkan konsumen untuk terus mengenali Anda dengan cara yang sama.
- Buat Strategi Rebranding Anda Masuk Akal
Seperti kata pepatah, ‘jika tidak rusak, jangan perbaiki’. Kesenjangan pada saat perubahan tidak menunjukkan indikasi loyalitas atau pengakuan merek yang goyah, dan meskipun penjualan merosot, desain ulang logo tampak sedikit acak. Penyegaran logo bukanlah hal yang buruk, tetapi harus mencerminkan perubahan realitas organisasi atau perubahan arah merek untuk menjadi sukses. Visual harus menjadi langkah terakhir dalam pergeseran strategis. Jika logo baru Anda tidak menyelesaikan masalah yang berbeda, Anda sebaiknya membiarkannya karena konsekuensinya bisa sama negatifnya dengan positifnya.
- Waspadai Media Sosial
Internet menyediakan ruang bagi berita dan opini untuk menyebar seperti api. Word of mouth online perlu dipertanggungjawabkan dan dipantau oleh merek. Reaksi yang merugikan dapat mengakibatkan reputasi merek yang buruk. Asosiasi merek negatif dapat dengan cepat berkembang dan, pada gilirannya, dapat berdampak negatif pada ekuitas merek Anda (dan keuntungan Anda).
Kesimpulan
Sulit untuk memprediksi bagaimana orang akan bereaksi terhadap strategi branding baru. Studi kasus ini menggambarkan kekuatan logo untuk mendefinisikan siapa Anda dan bertindak sebagai titik koneksi antara Anda dan pelanggan Anda. Melakukan perubahan drastis pada titik koneksi ini harus dilakukan sejalan dengan branding dan strategi bisnis yang lebih luas. Jika tidak, merek berisiko menghadapi kemarahan konsumen yang pendapatnya dengan mudah merusak reputasi mereka.
Metamorphosys dapat membantu Anda menyesuaikan strategi branding yang tepat denganmempertimbangkan banyak sisi, salah satunya dari sisi visual seperti identitas visual, perancangandesain stationery, supergrafis dan turunan lainnya dari ruang lingkup branding. Hubungi tim berpengalaman kami untuk dapat membantu menjawab kebutuhan Anda.Sumber: https://www.thebrandingjournal.com/2021/04/learnings-gap-logo-redesign-fail/
0 Comments