Metamorphosys

Centang biru di pada profil media sosial masih menjadi hal yang diinginkan banyak pengguna, termasuk pengguna Instagram. Tanda tersebut seringkali dianggap sebagai lambang yang merepresentasikan eksklusifitas profil pemiliknya. Centang biru Instagram sebenarnya bukan merupakan bentuk dukungan atau penghargaan dari pihak Instagram, maupun orang, bisnis, atau entitas yang terdaftar dibawah naungan grup Meta. Untuk itu, sebenarnya siapapun bisa saja mendapatkan centang biru bila memnuhi syarat dan ketentuan.

Sumber: Creators

Dengan adanya centang biru pada akun instagram Anda, akan lebih mudah bagi sebuah akun untuk mendapatkan lebih pengikut secara organik. Namun, untuk mendapatkan centang biru Instagram bukanlah hal yang mudah bagi sebuah akun. Instagram membuat peraturan dan ketentuan sebuah akun diberikan centang biru, yaitu dengan cara mempertimbangkan banyak faktor untuk menilai akun tersebut, termasuk memastikan akun tersebut mematuhi ketentuan penggunan dan pedoman komunitas yang dikeluarkan pihak Instagram.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan centang biru Instagram, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu pembahasan lengkap mengenai centang biru Instagram dibawah ini.

Baca Juga: Cara Mudah Menambah Followers Instagram Untuk Bisnis

Apa itu centang biru pada akun Instagram?

Centang biru, atau verified badges pada akun Instagram merupakan lambang yang membantu para pengguna Instagram menemukan akun-akun tokoh masyarakat, selebritas, bisnis, maupun entitas terdaftar yang dikenal keberadaannya di publik. Tanda verifikasi ini berbentuk centang berwarna biru yang ada di sebelah kanan nama akun Instagram. Dengan adanya tanda tersebut, itu berarti pihak Instagram telah meninjau sebuah akun dan dinilai pantas untuk diberikan centang biru. 

Apa gunanya memiliki centang biru Instagram?

Centang biru pada sebuah akun Instagram menandakan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi. Status tersebut memastikan keaslian akun agar pengguna Instagram terhindar dari penipuan, dan menambah reputasi brand. Selain itu, centang biru Instagram dapat meningkatkan kepercayaan para pengguna Instagram untuk mengikuti dan berinteraksi dengan akun yang telah terverifikasi. Dengan begitu, akun tersebut dapat digunakan untuk hal-hal positif seperti memberikan informasi terpercaya maupun melakukan bisnis.

Syarat pengajuan centang biru Instagram

Tidak ada minimal followers tertentu untuk mendapatkan centang biru Instagram. Namun, kesempatan kamu untuk bisa mendapatkan centang biru Instagram akan lebih mudah jika memiliki pengikut asli yang banyak. Selain itu, Instagram mengutamakan keaslian akun dan postingan. Sedangkan untuk jangka waktu peninjauan akun yang berhak mendapatkan centang biru Instagram, tidak ada yang tahu pasti karena setiap akun dapat berbeda-beda. Pengguna harus mengetahui beberapa persyaratan untuk mengajukan centang biru Instagram. Berikut syarat-syaratnya:

Autentik: Mewakili orang, bisnis, atau entitas asli yang terdaftar.

Unik: Secara unik mewakili keberadaan orang atau bisnis. Hanya satu akun yang bisa diverifikasi untuk setiap orang atau bisnis.

Lengkap: Akun diharuskan bersifat publik dan memiliki bio, foto profil, dan aktif saat mengajukan verifikasi.

Terkenal: Akun harus mewakili orang, brand, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari publik.

Membahas lebih dalam terkait syarat terkenalnya sebuah akun Instagram, pihak Instagram akan meninjau akun yang ditampilkan di berbagai sumber berita. Semakin banyak press release di media yang menyertakan informasi terkait akun Instagram Anda dan makin relevan kontennya, makin besar peluang untuk mendapatkan centang biru Instagram. Namun, Instagram tidak mempertimbangkan konten media berbayar atau bersponsor sebagai bahan tinjauan.

Cara mendapat centang biru Instagram

Pihak Instagram akan menentukan kriteria yang harus dipenuhi sesuai dengan syarat di atas. Selain itu, akun tersebut juga harus memenuhi ketentuan pedoman dan penggunaan komunitas Instagram. Setelah Anda mengetahui syarat pengajuan centang biru Instagram, berikut langkah untuk mengajukannya:

  • Login ke akun Instagram yang ingin diajukan untuk mendapatkan centang biru Instagram.
  • Masuk ke bagian profil Anda yang terletak di kanan bawah.
  • Ketuk simbol tiga baris mendatar yang terletak di kanan atas.
  • Pilih menu “Pengaturan”
  • Klik menu “Akun.” Lalu pilih “Minta Verifikasi.”
  • Masukan identitas dan bukti-bukti identifikasi yang diperlukan sesuai permintaan Instagram.
  • Ikuti hingga selesai.

Penilaian layak tidaknya akun Instagram untuk mendapatkan centang biru

Instagram akan melakukan penilaian atau penelusuran untuk memverifikasi akun dari berbagai data yang telah dikirim sebelumnya, lalu menelusuri keadaan aslinya. Instagram akan memastikan ketidakberpihakan dalam proses verifikasi dengan mengandalkan berita atau liputan pers yang kredibel dan memeriksa dampak sosial orang, bisnis, atau entitas tersebut terhadap publik. Hal tersebutlah yang merupakan dasar penilaian dari pihak Instagram sebelum memberikan centang biru pada suatu akun Instagram.

Proses verifikasi biasanya memakan waktu kurang lebih 30 hari setelah pemilik akun mengajukannya. Setelah itu, pihak Instagram akan memberikan konfirmasi lolos tidaknya sebuah akun untuk mendapatkan centang biru. Perlu diketahui, meskipun syarat dan ketentuan sudah dipenuhi, hal tersebut belum menjamin akun Anda akan mendapat centang biru. Alasannya, Instagram memiliki berbagai pertimbangan sendiri untuk memberikan tanda tersebut.

Apakah centang biru Instagram dapat dipindah ke akun lain?

Meskipun kepemilikan akunnya sama, akun yang telah diverifikasi oleh pihak Instagram tidak dapat di transfer atau dipindah ke akun lain. Akun Instagram yang memiliki centang biru harus benar-benar sesuai atau otentik dengan data-data yang dikirimkan kepada pihak Instagram sebelumnya saat pengajuan centang biru. Semisal akun Instagram orang, bisnis, atau entitas asli yang telah memiliki akun dengan centang biru ingin berganti akun, baik karena keinginan semata maupun terpaksa, seperti mengalami peretasan atau gagal masuk, centang biru Instagram tersebut tidak bisa otomatis berpindah ke akun baru. Setiap akun harus mengikuti langkah-langkah dan kembali melalui proses pengajuan dan penilaian seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Hal yang perlu Anda perhatikan

  1. Pengiriman permintaan centang biru Instagram tidak menjamin akun Anda akan diverifikasi.
  2. Tindakan pengajuan verifikasi yang terlalu sering dapat membatalkan pengajuan centang biru.
  3. Nama pengguna tidak boleh diubah dan verfikasi tidak bisa dipindahkan setelah akun tersebut  mendapatkan verifikasi.
  4. Instagram akan menghapus lencana verifikasi atau bahkan mengambil tindakan tambahan untuk menonaktifkan akun jika Anda terbukti mengajukan verifikasi menggunakan informasi palsu.

Saat pengajuan verifikasi Anda disetujui oleh Instagram, pelajari dan pahamilah dengan baik ketentuan-ketentuan yang dirilis oleh pihak instagram. Mohon diperhatikan, akun Instagram Anda yang telah mendapatkan centang biru akan dicabut verfikasinya jika melakukan hal dibawah ini:

  • Menigklankan, mentransfer, dan menjual centang biru Instagram
  • Menggunakan foto profil, bio, dan mengganti nama untuk tujuan promosi layanan lain
  • Melakukan verifikasi centang biru lewat pihak ketiga

Cara lebih mudah mendapatkan centang biru Instagram

Saat ini tengah ramai diperbincangkan tentang layanan pembelian centang biru di Instagram. Nyatanya, Meta telah mengumumkan bahwa saat ini centang biru di Instagram sudah bisa di beli melalui layanan bernama Meta Verified. Layanan tersebut nantinya akan memberikan tanda centang biru kepada pengguna media sosial Facebook dan Instagram. Cara pembeliannya pun sangat mudah, yaitu dengan melakukan verifikasi menggunakan kartu kewarganegaraan atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan membayar tarif bulanan sesuai ketentuan dari Meta.

Sayangnya, layanan Meta Verified belum tersedia di Indonesia. Layanan ini baru tersedia di Selandia Baru dan Austria. Sembari menunggu layanan pembelian centang biru Instagram ini hadir di Indonesia, tidak ada salahnya Anda mencoba mengajukan verifikasi dengan cara manual terlebih dahulu seperti yang sudah dibahas di atas.

Optimasi akun Instagram agar mudah mendapatkan centang biru

Itu tadi beberapa hal mengenai centang biru Instagram dan bagaimana cara mendapatkannya. Bagi Anda yang ingin memiliki centang biru, mulai dari sekarang Anda harus mengunggah konten-konten yang menarik agar menarik minat pengguna Instagram lain untuk mengikuti dan berinteraksi dengan akunmu. Jika Anda bingung untuk eksekusinya, serahkan saja urusan manajemen media sosial kepada Metamorphosys.

Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami beranggotakan tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi serta videografi, dan sebagainya. Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari berkolaborasi mengembangkan bisnis Anda!

Penulis: Sarah Nuril Iffa


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 6 =