Metamorphosys

Landing page sebagai alternatif dari website?

Strategi campaign marketing termasuk strategi pemasaran yang perlu kamu coba karena dengan strategi ini bisa membantu meningkatkan leads dan penjualan. Salah satu strategi campaign  marketing adalah membuat landing page

Lalu, apa itu landing page dan apa saja fungsinya? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Siapkan ini Sebelum Memakai Jasa Desain Website Company Profile

Mengenal Landing Page

Landing page atau juga dikenal dengan destination page adalah salah satu halaman khusus berisi iklan suatu website yang memiliki tujuan khusus dan biasanya akan muncul ketika kamu menekan link seperti link media sosial, email, atau iklan pada laman hasil penelusuran. 

Tujuan pembuatan halaman ini biasanya hanya satu jenis misalnya agar pengunjung melakukan tindakan atau berisi CTA atau call to action seperti membeli atau mengisi form.

Halaman ini biasanya berisi informasi mengenai harga produk atau layanan, tawaran agar pengunjung website mengisi formulir melalui gratis langganan beberapa bulan atau unduh ebook gratis. Pengisian formulir berupa data pengunjung akan sangat bermanfaat untuk analisis pelanggan.

Pembuatan halaman ini diketahui bisa membantu meningkatkan kenaikan leads sampai 100 persen. Tak hanya itu, halaman ini juga bisa meningkatkan conversion rate atau persentase ketertarikan pengunjung pada situs yang kamu miliki.

Halaman ini sangat penting karena selain ingin memberikan informasi dan mengenalkan produk atau jasa, tentu kamu juga menginginkan pengunjung website beralih menjadi pelanggan kamu. Oleh karena itu, pembuatan halaman ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengiklankan bisnis kamu.

Tipe-tipe Landing Page

Landing page ditujukan untuk sebuah campaign khusus. Berdasarkan fungsinya landing page dapat dibagi sebagai berikut,

  1. Lead Generating Landing Pages
    Lead generating landing pages adalah landing page yang ditujukan untuk mendatangkan lead, lead disini maksudnya adalah data pengunjung website. Nantinya data tersebut dapat digunakan untuk strategi marketing lanjutan. Data ini biasanya minimal berisi nama dan alamat email pengunjung. Lebih lanjutnya bisa berisi nomor telepon hingga nama akun sosial media.
  2. Click-Through Landing Pages
    Click-through landing pages adalah tipe landing page yang berisi promosi atau potongan harga terhadap sebuah produk atau layanan. Landing page ini bertujuan untuk mempersuasi pengunjung website untuk segera membeli produk yang ditawarkan.
  3. Explainer Landing Pages
    Explainer landing pages memiliki fungsi yang lebih terstruktur dibanding dua tipe diatas. Tipe ini biasanya lebih panjang dan mengandung banyak informasi. Explainer landing pages menampilkan manfaat dan fitur dari produk atau layanan yang berguna untuk mengedukasi pengunjung sekaligus mengikat pengunjung terhadap brand tersebut.
  4. Product Detail Landing Pages
    Product detail landing pages adalah landing page yang berisi informasi mendetail terhadap sebuah produk atau layanan. Biasanya product detail landing pages bermaksud untuk membuat pengunjung segera membeli sebuah produk secara langsung di laman tersebut.

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Secara sekilas mungkin landing page hampir mirip dengan homepage meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Karena sedikit mirip membuat banyak orang kesulitan membedakan halaman ini dengan homepage.

Homepage sendiri merupakan berkamu atau halaman yang pertama kali muncul ketika seseorang menekan link website bisnis resmi milik kamu. Homepage biasanya berisi beragam informasi mengenai bisnis kamu mulai dari kegunaan, keunggulan, dan memiliki banyak tombol navigasi.

Untuk memudahkan kamu membedakan homepage dengan landing page, berikut ciri ciri dari homepage.

  • Ciri-ciri Homepage

Homepage adalah berkamu atau halaman utama yang akan tampil ketika kamu membuka suatu website

Berisi banyak tombol navigasi dan informasi seperti home, kontak, alamat, blog, dan link sehingga pengunjung bisa beralih menuju halaman penting lain di suatu situs

Sarana penting agar pengunjung mengenal dan mempelajari produk atau layanan miliki kamu

  • Ciri-ciri Landing Page

Destination page tidak memiliki banyak informasi atau deskripsi produk namun berisi marketing

Hanya memiliki satu atau dua tombol link seperti “beli sekarang”, “berlangganan sekarang”  sehingga pengunjung tidak punya pilihan lain selain mengklik tombol tersebut

Berisi ajakan atau dorongan supaya pengunjung melakukan kegiatan tertentu seperti membeli, berlangganan atau mengisi data diri

Jenis Jenis Landing Page

Destination page terdiri dari dua jenis yaitu lead generation dan click through. Adapun fungsi dari halaman lead generation adalah mengumpulkan informasi atau data pengunjung.

Halaman lead generation biasanya diisi dengan informasi penawaran, diskon, artikel, konten seperti ebook atau konten lain yang bisa diunduh oleh pengunjung setelah mengisi formulir berisi data diri seperti email dan nama pengunjung.

Ketika pengunjung mengisi formulir tersebut, kamu bisa mengirimkan penawaran atau promosi pada email pengunjung sehingga mereka tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kamu.

Sedangkan halaman click through memiliki fungsi sebagai CTA. Halaman ini biasanya berisi informasi produk yang disertai dengan tombol CTA seperti “beli sekarang”, “subscribe sekarang”, “unduh disini”, “hubungi kami” dan lainnya sesuai dengan keinginan memiliki website.

Manfaat Landing Page

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan membuat halaman ini diantaranya yaitu

1. Mengumpulkan Informasi Pelanggan

Dalam memasarkan produk atau layanan tentu kamu membutuhkan data pelanggan baik untuk analisis maupun untuk mengirimkan penawaran pemberitahuan produk baru. 

Dengan membuat halaman lead generation bisa memudahkan kamu dalam mengumpulkan informasi mengenai pelanggan atau target pasar. Informasi yang diminta pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari nama, email, sampai usia atau jenis kelamin.

2. Sarana Iklan

kamu juga bisa memanfaatkan halaman ini sebagai sarana iklan atau promosi produk atau layanan kamu. kamu bisa menampilkan informasi mengenai promo atau diskon yang sedang kamu tawarkan pada pelanggan.

3. Meningkatkan Pengunjung Website

Manfaat berikutnya yaitu meningkatkan pengunjung atau conversion rate. Dengan membuat landing page yang menarik, kamu bisa menarik semakin banyak leads dari pengunjung menjadi pelanggan.

Sehingga audiens tak hanya mengenal produk kamu namun juga terdorong untuk melakukan aksi yang kamu harapkan misalnya mengunduh ebook, berlangganan newsletter, berlangganan, membuat akun dan lainnya. 

4. Mempermudah Transaksi

Terakhir, karena hanya berisi satu atau dua tombol link maka halaman ini bisa mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi terutama bagi pelanggan yang mengunjungi halaman ini untuk membeli. 

Tips Membuat Landing Page

Gunakan Headline Yang Menarik
Headline adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung karena itu berikan headline yang menarik, padat, dan jelas serta memberikan gambaran keseluruhan landing page.

Tuliskan Fitur dan Keunggulan Produk Atau Layanan yang Ditawarkan
Jelaskan secara rinci apa produk yang kamu tawarkan beserta kelebihannya. Menuliskan hal ini akan membuat pengunjung lebih paham mengenai apa yang kamu tawarkan dan akan meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produkmu.

Masukkan Gambar atau Video
Gambar atau Video secara tidak langsung akan menambah conversion rate, karena kebanyakan pengunjung akan melihat sesuatu yang menarik indra penglihatan terlebih dahulu sebelum membaca detail produk secara rinci.

Tuliskan Juga Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan ini berfungsi untuk meyakinkan pengunjung untuk membeli sebuah produk melalui pendapat orang-orang yang sebelumnya pernah membeli produk yang sedang ditawarkan.

Tambahkan Timestamp
Timestamp disini maksudnya berikan jangka waktu berakhirnya promo yang kamu tawarkan pada landing page. Timestamp ini bisa berupa tanggal atau hitungan mundur. Ini berguna untuk meningkatkan awareness pengunjung jika ini adalah promo berbatas waktu.

Tombol CTA
Terakhir, tambahkan tombol CTA yang mengarah langsung ke laman order produk sehingga pengunjung yang tertarik bisa langsung diarahkan untuk membeli produk tersebut.

Itu dia beberapa penjelasan dan tips dalam menggunakan landing page. Apabila kamu merasa kesulitan dalam membuat dan memanfaatkan landing page, Metamorphosys siap membantu kamu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis kamu!

Penulis: Calvin Aripratama


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + eleven =