Metamorphosys

Pendahuluan 

Membangun identitas merek yang kuat dan mudah diingat merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis. Di dalam sebuah identitas merek, banyak elemen-elemen yang berhubungan satu sama lain membentuk satu-kesatuan hingga akhirnya menjadi sebuah identitas bagi suatu brand. 

Di dalam sebuah identitas merek tentu Anda tidak asing dengan yang namanya logo, tipografi, atau palet warna. Namun bagaimana dengan supergrafis? Mungkin bagi beberapa orang masih terdengar asing. Tetapi elemen yang satu ini nyatanya merupakan salah satu kunci penting dalam membangun identitas merek suatu brand yang kuat. 

Pada artikel ini kita akan membahas peranan dari supergrafis itu sendiri hingga bagaimana cara mengimplementasikan supergrafis tersebut agar semakin mempertajam identitas merek yang Anda punya.

Baca Juga: Swiss Design Melekat dalam Nike

Apa itu Supergrafis?

Umumnya identitas sebuah merek digambarkan oleh sebuah logo, maskot, atau grafis lainnya. Indikator sebuah identitas visual yang baik adalah apabila masyarakat dapat mengenali brand Anda dengan mudah, entah itu melalui logo, warna, tipografi, atau supergrafis yang Anda punya. 

Kata supergrafis diambil dari kata ‘super’ yang memiliki arti besar dan ‘graphic’ yang bermakna gambar/grafis. Istilah supergrafis awalnya dipakai pada bidang arsitektur dan interior yang mengacu pada gambar visual yang ada pada bangunan ruang, baik interior dan eksterior sehingga menjadi keunikan sebuah bangunan. Kemudian istilah ini mulai diadaptasi pada desain grafis yang mengacu pada sebuah elemen penghias dan penjelas pada suatu entitas.

Supergrafis adalah elemen pendukung dari sebuah identitas yang digunakan sebagai ciri khas suatu brand. Supergrafis dapat dibentuk dari elemen identitas visual lainnya seperti logo, warna, font, simbol, atau gambar yang direkayasa sedemikian rupa untuk menciptakan visual yang mudah diingat dan dapat membantu merek membedakan diri dari pesaing. 

Lalu, bagaimana sebuah supergrafis dapat membuat satu brand berbeda dengan brand lainnya?

(sumber foto: https://www.behance.net/gallery/113111611/Stable-Brand-Identity-Design?tracking_source=search_projects_appreciations%7Cbranding

Diambil dari desain-grafis-s1.stekom.ac.id, salah satu contoh paling menarik untuk dibahas adalah persaingan antara Indomaret dan Alfamart. Keduanya sama-sama merupakan brand minimarket yang memiliki banyak franchise yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun bila harus mengidentifikasi identitas visual dari kedua merek tersebut, masyarakat akan lebih mudah untuk mengidentifikasi Indomaret melalui 3 persegi panjang berwarna merah, biru, dan kuning. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Faktor utamanya adalah konsistensi Indomaret dalam mempertahankan supergrafisnya. Supergrafis diletakan pada dinding ataupun neon box toko yang ada di seluruh wilayah Indonesia, serta letaknya yang sangat strategis untuk dilihat oleh konsumen. Maka ketika konsumen mengunjungi Indomaret, secara tidak sadar bentuk visual dari supergrafis tersebut mulai tertanam di benak konsumen.

(Sumber foto: detik.com)

(Sumber foto: thesamator.com)

Mengapa Supergrafis Penting untuk Identitas Merek

Dari contoh di atas dapat dilihat bahwa supergrafis adalah alat penting dalam membangun identitas merek yang kuat karena membantu menciptakan kesan yang kuat dan konsisten dalam pikiran konsumen. Supergrafis juga membantu merek membedakan diri dari pesaing dan dapat digunakan untuk memvisualisasikan nilai merek dan filosofi bisnis.

Penggunaan supergrafis dapat membantu merek membangun hubungan yang kuat dengan konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan membantu merek membedakan diri dari pesaing. Oleh karena itu, dalam dunia desain grafis, penting untuk memahami dan memanfaatkan potensi supergrafis untuk membangun identitas merek yang kuat dan efektif.

Cara Membuat Supergrafis yang Efektif

Dalam proses menciptakan supergrafis, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk target pasar, pesaing, dan nilai merek. Anda harus memilih warna, font, dan simbol yang tepat untuk merek tersebut dan memastikan bahwa elemen-elemen tersebut konsisten di seluruh platform merek, termasuk situs web, media sosial, dan produk.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat supergrafis:

  • Kenali merek Anda

Untuk membuat supergrafis yang baik Anda perlu mengenali merek Anda terlebih dahulu. Anda dapat mengenalinya dengan memahami value/pesan apa yang ingin brand Anda komunikasikan ke masyarakat, untuk siapa brand Anda ditujukan, atau apa persepsi yang ingin Anda bangun di masyarakat terhadap brand Anda. Berangkat dari sini, Anda mulai dapat merancang bentuk atau grafis apa yang sekiranya cocok dengan brand Anda.

  • Perhatikan keunikan identitas merek Anda

Anda dapat mulai menciptakan supergrafis yang diambil dari bentuk unik identitas visual yang Anda punya. Elemen yang paling umum atau mudah untuk diturunkan menjadi supergrafis adalah logo. Di setiap komponen logo yang Anda miliki tentu pastinya memiliki bentuk-bentuk unik yang bisa diturunkan menjadi sebuah supergrafis. 

Pengaplikasian supergrafis yang diambil dari bentuk logo.

Gambar: Branding Lumina City oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

  • Perhatikan palet warna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya mengenai identitas merek yang dimiliki oleh Indomaret, Indomaret secara konsisten menggunakan 3 warna utama pada supergrafisnya, yaitu merah, biru, dan kuning. Ketiga warna tersebut dikombinasikan sehingga menjadi sebuah identitas yang unik dan masyarakat dapat mengenalinya dengan mudah sebagai Indomaret dibanding brand minimarket lainnya. 

Hal ini menunjukan bahwa dengan palet warna yang tepat dan unik membuat brand Anda dapat lebih mudah dikenali dan memiliki ciri khasnya tersendiri.

  • Pertimbangkan keunikan bentuk dan gaya

Bentuk yang unik tentunya akan membedakan brand Anda dengan kompetitor. Namun perlu dipastikan juga bahwa bentuk atau gaya yang akan Anda gunakan pada supergrafis memang mewakili identitas merek Anda.

  • Pertimbangkan bagaimana supergrafis tersebut akan diimplementasi

Dalam proses pembuatan supergrafis, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah bagaimana dan di mana saja supergrafis tersebut akan diimplementasikan. Apakah supergrafis cocok untuk semua media? Apakah supergrafis akan terlihat bagus jika diletakan pada media yang berukuran kecil hingga besar?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan bentuk supergrafis yang tepat.

  • Gunakan elemen yang konsisten

Konsisten adalah kunci dalam pengimplementasian identitas merek yang baik. Semakin konsisten penggunaan supergrafis, maka identitas merek yang Anda punya akan semakin tertanam di benak konsumen. Sehingga apabila konsumen melihat suatu bentuk atau grafis tertentu, maka akan secara tidak sadar mereka akan langsung tertuju pada brand Anda. 

Implementasi Supergrafis dalam Identitas Merek Anda

Setelah menerapkan tips-tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mulai mencoba untuk mengimplementasikan supergrafis di mana saja, apapun itu medianya. Baik itu media cetak, web, atau kebutuhan desain sosial media. 

Pada poin sebelumnya telah dijelaskan bahwa penting untuk memperhatikan bentuk supergrafis yang Anda buat agar dapat diimplementasikan pada berbagai media. Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian supergrafis pada kebutuhan identitas visual yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda.

1. Desain stationary

Gambar: Branding GBM dan Tutuyan Smartcity oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

2. Desain booth pameran

Gambar: Desain Booth Pameran MMP Bali oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

3. Desain pada bendera

Gambar: Branding Gendut Dony Trainer Camp (GDTC) oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

4. Desain kartu

Gambar: Branding Bank Dana Nusantara oleh Metamorphosys Creative & Digital Agency

Kesimpulan

Dari berbagai banyak elemen untuk membangun identitas visual yang kuat, supergrafis merupakan salah satu elemen yang tentu patut Anda perhatikan. Identitas visual yang kuat merupakan bagian penting dari strategi pemasaran dan akan membantu brand Anda untuk dapat dikenali dan diingat oleh masyarakat dan pelanggan potensial.

Supergrafis yang baik dapat memperkuat citra brand dan membantu merek Anda untuk membedakan dirinya dari kompetitor. 

Anda dapat mulai membentuk supergrafis menggunakan elemen-elemen yang ada pada identitas visual brand Anda, seperti logo, warna, tipografi, atau elemen desain lainnya yang konsisten. Supergrafis ini kemudian bisa Anda implementasikan pada berbagai bidang, seperti stationary, desain kemasan, desain web, atau penggunaan di platform lainnya. Dengan penggunaan yang konsisten, niscaya supergrafis pada brand Anda dapat menciptakan kesan yang kuat sehingga mudah diingat oleh masyarakat. 

Namun apabila Anda masih ragu untuk membuat supergrafis yang tepat untuk produk atau bisnis Anda, jangan sungkan untuk berkonsultasi di Metamorphosys, mulai dengan klik tombol ‘Start Project’ di bagian atas website Metamorphosys, dengan otomatis tim kami akan segera menghubungi anda. Dapatkan hasil desain akhir yang memuaskan untuk produk atau bisnis Anda.

Metamorphosys adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan masih banyak lagi. Bersama Metamorphosys, Anda tidak perlu khawatir untuk mempercayakan projek branding Anda kepada kami!

Penulis : Milen Meliana

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =