Metamorphosys

Dengan hampir lebih dari 140 miliar Reels diputar di Instagram dan Facebook setiap harinya, begitu juga dengan YouTube, TikTok, bahkan iklan pada televisi. Gambar bergerak adalah standar format yang perlu diikuti bagi setiap brand

Baca Juga: The Importance Of Graphic Design In Content Marketing

Gambar bergerak ada di mana-mana!

Selama beberapa tahun terakhir, format video menjadi salah satu yang populer di dunia. Baik itu televisi, media sosial, pesan teks, papan reklame, iklan online, menu restoran bahkan meme sekalipun. Dapat dikatakan video telah menjadi hal yang mewarnai keseharian brand maupun audiens.

YouTube adalah jejaring sosial terpopuler kedua pada akhir 2016, begitu juga dengan Snapchat yang berada di urutan teratas. Hampir setiap jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok memudahkan brand dan audiens dapat mengunggah, melihat, dan berbagi video. Pemasaran video tidak pernah sepesat saat ini, semakin banyak brand menjalankan kampanye pemasarannya menggunakan format video dan tidak sedikit brand yang mencapai kesuksesan karenanya.

Mengapa video lebih baik dari format lainnya? Mengapa video lebih efektif daripada statis? Dengan tingkat konversi yang tinggi dan popularitasnya yang terus meningkat, konten video mengambil alih statis sebagai media pemasaran. Rata-rata audiens telah menonton lebih dari 206 gambar bergerak dalam sebulan dan 59% seorang eksekutif mengatakan bahwa jika konten statis dan video memiliki topik yang sama, maka akan ada kecenderungan untuk memilih gambar bergerak.

Format video menguntungkan bagi SEO, perusahaan yang menggunakan video pada laman webnya memiliki 41% lebih banyak traffic daripada yang tidak menggunakan video sama sekali. Video juga mendorong traffic organik hingga 157%. Satu video mungkin memerlukan lima laman web untuk diartikulasikan, seperti halnya dengan artikel, video harus memiliki SEO yang cukup untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Hal itu terdiri dari optimasi thumbnail, judul, deskripsi, tag, dan tagar.

Tidak hanya videografi, terdapat dua istilah lain yang menjadi alternatif dalam urusan teknis, yakni motion graphic dan animasi. Sama halnya videografi, keduanya memiliki kemiripan dalam visualisasi informasi gambar bergerak, kedua sama-sama bertujuan untuk memanjakan audiens oleh sajian yang baik dan menakjubkan. Tidak hanya soal efektivitas, keduanya juga dapat menjadi salah satu cara untuk membagikan konten secara kreatif dan menarik.

Lalu, bagaimana dengan definisi dari istilah motion graphic dan animasi? Kenapa keduanya dibedakan?

Motion graphic adalah istilah yang merujuk pada elemen desain grafis yang digerakkan. Sedangkan animasi adalah payung utama dari istilah gambar bergerak termasuk segala hal yang di dalamnya mencakup kartun, claymation, bahkan motion graphic itu sendiri. Motion graphic berfokus dalam penggerakan elemen desain grafis dengan cara yang lebih sederhana dan cenderung memiliki aspek yang lemah dalam urusan cerita. Kedua istilah tersebut tentu sering digunakan secara bergantian dan perbedaannya tidak selalu sepenuhnya hitam dan putih.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai definisi motion graphic dan animasi. Kami juga akan menjelaskan kapan menggunakan istilah motion graphic dan kapan animasi.

Apa itu motion graphic?

Menghidupkan visual statis yang biasanya tidak diikuti oleh cerita atau narasi tertentu. Ingin logo pada laman web bergerak? Itu adalah motion graphic. Ingin menggerakan karakter dalam cerita anak? Tentu itu bukan motion graphic, melainkan sub kategori animasi yang lain. 

Apakah akan ada cerita atau tidaknya adalah pertanyaan mendasar dalam menentukan motion graphic dan animasi. Biasanya, motion graphic menampilkan bentuk, objek, atau teks bergerak. 

Namun, kenapa sih harus repot memproduksi motion graphic? Sedangkan infographic adalah cara termudah dan ‘murah’ untuk menyampaikan sebuah pesan? Pikirkan jika informasi yang padat akan menghasilkan berlembar-lembar ketika disajikan secara statis, sedangkan motion graphic dapat memanfaatkan durasi dan menghapus semuanya dalam hitungan detik secara sempurna. Perhatikan juga jika Anda salah memasukkan kata sandi, sehingga akan ada getaran atau tanda merah yang menandakan bahwa Anda salah dalam memasukkan kata sandi. Dengan kata lain, motion graphic dapat menjadi solusi atas ide-ide visual yang kompleks secara visual.

Ketika kartun dianggap terlalu kekanak-kanakan untuk bisnis formal, maka gaya visual motion graphic adalah satu-satunya cara yang harus dipilih. Tidak hanya itu, motion graphic juga mampu menjelaskan apapun secara menyenangkan meskipun dalam konteks formal sekalipun. Apapun sektor bisnisnya, motion graphic dapat menyampaikan pesan secara menarik dan menghibur.

Motion graphic adalah yang terbaik dalam menguraikan dan penekan suatu fakta dari poin-poin grafis yang ingin disampaikan. Dan pastinya, terdapat beberapa cara yang tidak dapat dilakukan oleh konten statis, sehingga membuatnya terlihat jauh lebih ringkas, efektif, dan menjadi cara yang mudah untuk diingat oleh audiens.

Apa itu animasi?

Animasi adalah istilah payung dari definisi gambar bergerak, yang di dalamnya mencakup motion graphic. Perjalanan animasi sudah hadir dan menemani sejak 100 tahun lalu. Tidak ada istilah lain selain animasi untuk mendefinisikan gambar bergerak. Baik itu kartun yang digambar oleh tangan, CGI, anime, claymation, bahkan motion graphic sekalipun. 

Yang membedakan motion graphic dari jenis animasi lain adalah kontennya, motion graphic diasosiasikan dengan bentuk abstrak, bentuk, objek, teks, maupun elemen desain grafis lain yang dibuat bergerak. Menghidupkan elemen tersebut hingga membuatnya lebih ringkas dan atraktif. Misalnya ketika kita dipaksa untuk memikirkan sebuah teks yang bergerak untuk menjelaskan sesuatu poin tertentu, tentu itu disebut sebagai motion graphic. Jika video yang Anda produksi menampilkan karakter manusia yang sedang berjalan ataupun melompat, menunjukkan raut wajah tertentu, tentu itu merupakan animasi.

Secara kontras, animasi adalah seni tertentu yang berfokus pada efek sinematik dan terdapat cerita di dalamnya. Berikut dua poin penting yang menjadi pembeda lainnya:

1. Memvisualkan cerita

Siapapun yang pernah menonton film Disney tahu bahwa animasi adalah media cerita yang kuat. Mungkin motion graphic dapat menggerakan data-data statis, animasi dapat menghidupkan karakter secara emosional, kreativitas, dan ekspresi artistik. Cerita membantu membangun hubungan yang lebih dalam antara brand dan audiens.

2. Mahal

Motion graphic biasanya lebih mudah diproduksi, karena menjadi salah satu sub kategori animasi yang tidak terlalu rumit. Tetapi ketika Anda mulai melihat CGI fotorealistik, karya seni yang digambar tangan atau dilukis, maupun teknik stop-motion, semuanya mengeluarkan dana dan waktu yang tidak sedikit.

Motion graphic vs animasi: Kapan Anda menggunakan salah satunya?

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa internet menyukai video. Tidak masalah Anda memilih motion graphic atau gaya animasi lainnya, umumnya video menghasilkan engagement, traffic, dan conversions

Video menjadi jenis konten pilihan nomor satu bagi brand, 93% digital marketing mengatakan bahwa video yang dibagikan melalui media sosial menghasilkan pelanggan baru bagi brand itu sendiri. Lebih dari setengah pengguna terlibat dengan brand setelah menonton salah satu videonya.

Namun, brand tidak dapat sembarangan dalam memproduksi video, perlu adanya kesesuaian antara brand, tujuan, dan jenis animasinya. Ya, semuanya perlu berdasarkan dengan apa yang telah disusun di dalam panduan brand. Jadi, apakah brand anda dapat menggunakan motion graphic atau animasi?

Marketing di dalam gambar bergerak

Ketika berbicara mengenai motion graphic ataupun jenis animasi lainnya, ingatlah bahwa terdapat banyak kesamaan antara mereka dan terkadang ada hal-hal yang sulit dijelaskan di dalam setiap bagiannya. Tetapi itu bukanlah sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan, ketika brand mendapatkan banyak engagement dari konten yang dihasilkan.

Gambar bergerak adalah format masa depan, meskipun artikel, podcast, dan infographic juga memiliki tempat yang sama. Format gambar bergerak memiliki potensi akibat terus mengalami peningkatan selama bertahun-tahun terakhir. Luasnya cakupan sosial dari format video tentu sangat menakjubkan. Jika ingin menjangkau dunia, yang brand butuhkan adalah video.

Di sini, kami akan membantu brand untuk menentukan pilihan yang tepat. Jadi, apakah brand Anda membutuhkan motion graphic atau animasi?

Konsisten dan koheren merupakan dua hal penting bagi setiap brand, dalam memperkenalkan brand di hadapan audiens. Di sini Metamorphosys hadir dan dipercayai oleh brand selama lebih dari 11 tahun, untuk menjawab kebutuhan pada bidang creative & digital agency, seperti graphic design, logo brand, website, hingga social media. Hubungi kami untuk membantu meningkatkan merek bisnis Anda!

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =