Metamorphosys

Istilah penulis UX dan copywriter sering membingungkan, menyebabkan banyak orang tidak mengetahui perbedaan antara kedua peran tersebut. Perbedaan utamanya adalah seorang penulis UX berfokus pada pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan suatu produk, sedangkan seorang copywriter berfokus pada teks pada produk tersebut. Seorang penulis UX mungkin, misalnya, bekerja untuk mengoptimalkan teks untuk tombol atau item menu, sementara seorang copywriter akan bertanggung jawab untuk membuat keseluruhan nada dan pesan iklan atau situs web.

Bagaimana Peran UX Writer dan Copywriter?

UX Writer adalah seseorang yang menulis untuk pengalaman pengguna. UX Writer menulis kata-kata yang dapat dibaca atau didengar ketika seseorang menggunakan produk digital seperti aplikasi atau website. Teks yang ditulis bersifat singkat, padat, jelas, dan berguna. Kalau tulisan yang dibuat copywriter singkat, tulisan UX Writer lebih singkat lagi. Sering disebut dengan micro copy.

Copywriter adalah seseorang yang menulis copy (teks) untuk kegiatan penjualan atau pemasaran. Tulisan ini membuat target market yang awalnya nggak tahu tentang produknya, jadi tahu. Nggak tertarik, jadi mencari tahu dan tertarik. Nggak mau beli, akhirnya jadi “Kayaknya aku butuh deh”, terus beli. Itulah ajaibnya copywriting.

 

Apa yang Dikerjakan oleh UX Writer dan Copywriter?

Pekerjaan seorang penulis UX adalah menulis salinan untuk antarmuka pengguna (UI) suatu produk untuk membantu memandu pengguna melalui produk itu. Akibatnya, penulis UX paling sering bertanggung jawab atas salinan yang berinteraksi dengan pengguna saat menggunakan suatu produk, termasuk:

  • Buttons
  • Error messages
  • Controls
  • Notifications
  • Instructions
  • Onboarding sequences
  • Form fields
  • Loading screen messages
  • Chatbots

 

Sedangkan Copywriting adalah salinan apa pun yang ditulis untuk mendorong penjualan, baik itu secara langsung (iklan) atau tidak langsung (blogging bisnis). Contoh copywriting antara lain:

  • Landing pages
  • Email newsletters
  • Product descriptions
  • Blog posts
  • Social posts
  • Print ads
  • Radio jingles
  • Slogans
  • White papers

Baca Juga : 5 Prinsip Desain UX Yang Harus Diketahui Semua Orang

Kesimpulan

Artikel ini membahas perbedaan antara penulisan UX dan copywriting. Copywriting berfokus pada penjualan produk atau layanan, sedangkan penulisan UX berfokus pada penciptaan pengalaman pengguna yang positif. Jika Anda memerlukan bantuan dengan situs web atau produk Anda, hubungi kami untuk mengetahui bagaimana kami dapat membantu.

WhatsApp:  +62 81 77 999 3336
Email: hello@metamorphosys.co.id

Penulis :
Mego


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + fifteen =