Metamorphosys

Pada umumnya, headline berada pada konten tulisan di berita, majalah, artikel dan konten sosial media. Headline biasanya berada pada halaman depan dengan ukuran font yang lebih besar dan terlihat lebih mencolok dibanding tulisan lain nya.

Pembahasan kali ini akan menjelaskan pengertian headline dalam artikel ataupun konten media sosial.

Mengulas Lebih Jauh tentang Headline

Headline merupakan judul utama suatu karya tulis.

Seorang penulis harus mampu membuat headline yang menarik karena itu merupakan pintu awal agar audiens tertarik untuk mencari tahu lebih tentang konten yang kita buat.

 

Cara Membuat Headline Agar Menarik Minat Pembaca

Membuat headline yang tepat dan dapat memancing minat membaca audiens bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kreatifitas dan membaca situasi kira-kira apakah audiens akan suka dengan model tulisan seperti ini atau tidak. Nah Kamu bisa coba untuk mengikuti beberapa tips ini untuk menulis headline supaya terlihat lebih kreatif.

 

1. Mengintegrasikan Angka dan Data

Angka dan data mampu membuat headline terlihat lebih terpercaya. Hal ini dikarenakan audiens dapat melihat secara langsung jumlah angka tersebut dan dapat menilai dari angka tersebut.

2. Menggunakan Alasan Kuat Mengapa Harus Dibaca

Cara membuat headline yang menarik adalah memberikan alasan kuat mengapa tulisan tersebut harus dibaca. Dengan begitu, pengunjung tidak akan membuang waktu hanya untuk membaca konten.

3. Ungkapkan Kalimat Urgensi

Agar fungsi headline lebih efektif, maka ungkapkan karya tulis Anda melalui judul. Misalnya berkaitan dengan informasi kesehatan atau penjualan barang.

4. Mencantumkan Sesuatu yang Bermanfaat

Masih berkaitan dengan kalimat urgensi sebelumnya, maka cantumkan juga sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Pastikan bahwa isi konten mampu menjadi solusi dari persoalan para pembaca.

5. Menggunakan Pilihan Kata yang Menarik

Karena headline merupakan judul, maka cara membuat headline yang menarik adalah menggunakan pilihan kata menarik. Penggunaan kata yang mengandung emosi dapat memancing audiens agar merasa terlibat di dalamnya.

 

Baca Juga: Konten Shareable Aja Ngga Cukup! Ini 6 Tips Jitu Supaya Konten Kamu Savable

 

Beberapa Contoh Headline yang Bisa Kamu Terapkan

Biar makin kebayang gimana caranya menulis headline, berikut ada beberapa contoh yang bisa kalian coba terapkan untuk headline kalian:

 

1. Personal Headline

Personal Headline akan memberikan kesan lebih personal bagi audiens. Cara nya adalah dengan menggunakan kata ganti Anda, kamu, atau kita dengan tujuan agar terjalin hubungan akrab pada audiens.

2. List Headline

Penggunaan List Headline bertujuan untuk menentukan jumlah poin yang akan dibahas dalam artikel.

Contoh: “ 5 Tips yang Kamu Perlu Tahu Sebelum Belanja Bulanan”

3. Urgent Headline

Cara lain dalam penulisan headline adalah dengan menulis Urgent Headline. Urgent Headline membuat orang merasa takut ketinggalan kalau tidak membaca informasi tersebut

Contoh : “Jangan Sampai Ketinggalan ! Tiket Murah ke Bali untuk Bulan July “

4. News Headline

Headline jenis ini cocok untuk diterapkan saat pengenalan fitur atau produk baru pada suatu brand. Biasanya menggunakan kalimat yang jelas dan tidak bertele-tele.

Contoh: “Fitur baru pada Android, Bisa Kenali Pengguna dari Wajahnya”

5. Question Headline

Menggunakan pertanyaan dalam headline adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat audiens merasa relate dengan konten tersebut. Bentuk pertanyaan pada headline ini harus dapat menanyakan langsung masalah atau kebutuhan dari pelanggan.

Contoh: “Ingin Beriklan di Medsos Tapi Gak Paham Caranya? Serahkan ke Metamorphosys”

6. Versus Headline

Tipe Headline ini digunakan untuk membandingkan 2 hal yang memiliki kemiripan akan dijadikan topik pada konten tersebut..

Contoh”  “Google Ads vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Baik?”

7. Selective Headline

Headline jenis ini berfokus pada suatu komunitas atau audiens tertentu secara spesifik. Contoh:: “Dapatkan Satu Gelas Kopi untuk Kamu yang Datang dengan Membawa Sepeda”

8. Claim Headline

Jenis judul ini memberikan klaim terhadap brand yang ditawarkan. Nyatakan apa adanya dengan tidak melebih-lebihkan agar brand terlihat lebih dipercaya.

Misalnya “Sejak tahun 1998, kami sudah menemani perjalanan properti anda”

9. Statistic Headline

Menggunakan angka dan statistik untuk menekankan poin yang kuat pada judul. Penggunaan angka akan terlihat lebih dipercaya dan terasa realistis karena audiens dapat mengukur nilai dengan sendirinya.

Contohnya “4 Negara. 20+ layanan.Tokopedia Ada Dimana Saja.”

10. Curiosity Headline

Judul jenis ini harus menyembunyikan inti atau detail dari informasi tersebut agar pengunjung membaca konten secara keseluruhan. Sebagai penulis konten dengan judul ini, penulis hari memiliki pengetahuan yang lebih dari audiens agar dapat menjelaskan isi dengan baik dan benar.

Contohnya: “Ini Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara.

11. Gimmic Headline

Judul ini menggunakan permainan kata dan gaya bahasa agar terbentuk sesuatu yang menarik saat dibaca oleh audiens. Penempatan kata sangat berpengaruh pada tagline ini.

Contoh: “Beli Es Krim Disini Bisa Bikin Kamu Happy”

12. Command Headline

Judul ini menjelaskan apa yang harus dilakukan oleh audiens. Biasanya bersifat arahan atau perintah yang perlu dilakukan audiens. Model judul ini biasanya terdapat pada iklan digital ataupun print ads.

Contohnya seperti “ Beli Kopi Semakin Praktis dengan Aplikasi Kenangan Apps, Download Sekarang di App Store atau Play Store!”

13. Testimonial Headline

Menggunakan testimoni dari audiens sebagai judul dari konten. Jenis judul ini biasa ditemukan pada iklan atau landing page.

Contoh : “Aku Sudah Pakai Lotion ini Selama 6 Bulan dan Cocok Banget Buat Aku”

 

 

Kesimpulan

Membuat headline yang dapat memancing audiens untuk membaca konten kita adalah salah satu unsur terpenting. Dengan headline yang kreatif dan unik, dapat membuat audiens merasa penasaran dan mencari tahu lebih dalam tentang konten yang kita buat. Audiens juga dapat melakukan interaksi dengan headline-headline yang menarik .

Apabila kamu merasa kesulitan dalam menentukan headline untuk konten atau artikel, kami Metamorphosys siap membantu kamu. Kami adalah Creative & Digital Marketing Agency yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu klien kami mencapai tujuan bisnisnya mulai dari mendesain logo dan branding, manajemen media sosial, periklanan,  membuat website, jasa fotografi videografi, dan sebagainya.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di Metamorphosys dan mari kita berkolaborasi membangun bisnis Anda!

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

two × 2 =