Metamorphosys

Metrik media sosial memungkinkan Anda melacak setiap detail kecil dari kinerja media sosial Anda. Ini bagus untuk mengasah dan mengevaluasi strategi digital marketing.

Ada beberapa metrik media sosial yang perlu Anda lacak untuk benar-benar memahami kondisi digital bisnis Anda dan memahami apa yang dapat Anda tingkatkan.

Lalu, apa itu metrik media sosial, dan mengapa itu penting?

Metrik media sosial adalah titik data yang mengukur seberapa baik kinerja strategi media sosial Anda — dan membantu Anda memahami bagaimana Anda dapat meningkat. Mereka seperti kartu skor untuk posting dan interaksi online Anda, menunjukkan berapa banyak orang yang melihat, menyukai, membagikan, atau mengomentari konten Anda. Metrik media sosial juga mengungkapkan berapa banyak usaha dan uang yang Anda keluarkan, dan berapa banyak yang Anda dapatkan sebagai imbalannya.

Ini bukan tentang memamerkan kinerja digital bisnis Anda. Perencanaan dan analisis strategis media sosial mengharuskan Anda melacak metrik untuk memahami apa yang terjadi dengan bisnis Anda di ranah digital

Tanpa metrik, Anda tidak dapat membuat strategi berdasarkan informasi. Anda tidak dapat menghubungkan upaya media sosial Anda dengan tujuan bisnis nyata atau membuktikan kesuksesan Anda di dunia digital.

Baca Juga: LinkedIn untuk Bisnis: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Social Media Awareness Metrics

1. Reach

Reach atau Jangkauan menunjukkan jumlah orang yang melihat konten Anda. Sebaiknya pantau jangkauan rata-rata Anda, jangkauan setiap pos, cerita, atau video. Anda juga dapat mengukur jangkauan halaman/profil Anda secara keseluruhan.

Bagian berharga dari metrik ini adalah untuk melihat persentase jangkauan Anda yang terdiri dari pengikut vs non-pengikut. Jika banyak non-pengikut melihat konten Anda, itu berarti konten Anda dibagikan atau berjalan dengan baik dalam algoritme, atau keduanya.

 

2. Impressions

Impressions atau tayangan menunjukkan berapa kali orang melihat konten Anda. Anda dapat mengukur tayangan berdasarkan pos, serta jumlah keseluruhan tayangan di profil media sosial Anda.

Tayangan bisa lebih tinggi daripada jangkauan karena orang yang sama mungkin melihat konten Anda lebih dari sekali.

Tingkat tayangan yang sangat tinggi dibandingkan dengan jangkauan berarti orang-orang melihat postingan berkali-kali. Lakukan penggalian untuk melihat apakah Anda dapat memahami mengapa itu sangat lengket.

 

3. Video Views

Dihitungnya “views” atau tayangan pada masing-masing media sosial sedikit berbeda, tetapi biasanya, hanya beberapa detik waktu menonton pun sudah dihitung sebagai “views.”

Jadi, penayangan video pada dasarnya adalah indikator sekilas yang bagus tentang berapa banyak orang yang telah melihat setidaknya di awal video Anda.

 

4. Audience Growth Rate

Audience Growth Rate atau tingkat pertumbuhan audiens mengukur berapa banyak pengikut baru yang diperoleh akun Anda di media sosial dalam jangka waktu tertentu.

Perhitungan ini bukanlah hitungan sederhana dari pengikut baru Anda. Sebaliknya, itu mengukur pengikut baru Anda sebagai persentase dari total audiens Anda. Jadi saat Anda baru memulai, mendapatkan 10 atau 100 pengikut baru dalam sebulan dapat memberi Anda tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Tapi begitu Anda memiliki audiens yang lebih besar, Anda membutuhkan lebih banyak pengikut baru untuk mempertahankan Audience Growth Rate.

Untuk menghitung Audience Growth Rate Anda, lacak pengikut baru bersih Anda (di setiap platform media sosial) selama periode pelaporan. Kemudian bagi angka tersebut dengan total audiens Anda (di setiap platform) dan kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase tingkat pertumbuhan audiens Anda.

 

Social Media Engagement Metrics

Engagement Metrics atau metrik keterlibatan menunjukkan seberapa sering orang berinteraksi dengan konten Anda. Ini adalah metrik yang berharga untuk dilacak karena beberapa alasan. Pertama, keterlibatan menunjukkan bahwa audiens Anda cukup tertarik dengan konten yang Anda posting untuk melakukan tindakan sosial.

Kedua, keterlibatan mengirimkan sinyal kuat ke algoritme media sosial, yang dapat membantu memperluas jangkauan Anda.

 

5. Engagement Rate

Engagement Rate atau tingkat keterlibatan mengukur jumlah keterlibatan (like/reaction, comment, share, dan save) yang diperoleh konten Anda sebagai persentase dari audiens Anda.

Cara Anda mendefinisikan “audiens” mungkin berbeda. Anda mungkin ingin menghitung keterlibatan relatif terhadap jumlah pengikut Anda. Namun perlu diingat bahwa tidak semua pengikut Anda akan melihat setiap kiriman. Anda mungkin juga akan mendapatkan keterlibatan dari orang-orang yang tidak (belum) mengikuti Anda.

Jadi, ada beberapa cara untuk menghitung keterlibatan. Begitu banyak, pada kenyataannya, kami mendedikasikan seluruh posting blog untuk banyak cara mengukur tingkat keterlibatan.

Salah satu cara paling umum adalah menjumlahkan total like/reaction, comment, share, save dan membagi totalnya dengan jumlah pengikut Anda. Kemudian kalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase.

Catatan: Jika Anda menghitung keterlibatan total akun Anda, sertakan informasi tentang semua postingan Anda (misalnya, jumlah total postingan yang diterbitkan, jumlah total suka, dan sebagainya). Jika Anda menghitung tingkat keterlibatan kampanye tertentu, sertakan hanya detail postingan yang merupakan bagian dari kampanye.

 

6. Virality Rate

Virality Rate atau tingkat viralitas mirip dengan tingkat amplifikasi karena mengukur seberapa banyak konten Anda dibagikan. Namun, tingkat viralitas menghitung pembagian sebagai persentase tayangan, bukan sebagai persentase pengikut.

Ingat bahwa setiap kali seseorang membagikan konten Anda, itu mencapai rangkaian tayangan baru melalui audiens mereka. Jadi tingkat viralitas mengukur bagaimana konten Anda menyebar secara eksponensial.

Untuk menghitung tingkat viralitas, bagilah jumlah postingan yang dibagikan dengan impresinya. Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan tingkat viralitas Anda sebagai persentase.

 

Social Media Marketing Metrics

7. Click-through rate (CTR)

Click-through rate (CTR) atau rasio klik-tayang menunjukkan seberapa sering orang mengeklik tautan di salah satu kiriman Anda untuk mengakses konten tambahan, mulai dari postingan blog atau toko online Anda.

CTR memberi Anda gambaran tentang berapa banyak orang yang melihat konten sosial Anda dan ingin tahu lebih banyak. Ini adalah indikator yang bagus tentang seberapa baik berbagai jenis konten mempromosikan merek Anda di media sosial.

Untuk menghitung CTR, bagi jumlah total klik untuk sebuah postingan dengan jumlah total impresi. Kalikan dengan 100 untuk mendapatkan CTR Anda sebagai persentase.

 

8. Conversion Rate

Conversion rate atau tingkat konversi mengukur seberapa sering konten sosial media Anda memulai proses menjadi peristiwa konversi seperti langganan, unduhan, atau penjualan. Ini adalah salah satu metrik pemasaran media sosial yang paling penting karena menunjukkan nilai kampanye media sosial Anda (organik dan berbayar) sebagai sarana untuk memberi makan saluran Anda.

 

9. Cost-per-click (CPC)

Biaya per klik, atau BPK, adalah jumlah yang Anda bayar per klik individual pada iklan sosial.

Mengetahui nilai seumur hidup pelanggan untuk bisnis Anda, atau bahkan nilai pesanan rata-rata, akan membantu Anda menempatkan angka ini dalam konteks penting.

Nilai seumur hidup pelanggan yang lebih tinggi dikombinasikan dengan tingkat konversi yang tinggi berarti Anda mampu membelanjakan lebih banyak per klik untuk mendapatkan pengunjung ke situs web Anda.

Anda tidak perlu menghitung BPK: Anda dapat menemukannya di analitik untuk jejaring sosial tempat Anda menjalankan iklan.

 

10. Cost-per-mille (CPM)

Cost-per-mille (CPM) atau Cost per thousand atau dikenal sebagai biaya per-1000. Persis seperti namanya, metrik ini adalah biaya yang Anda bayarkan untuk setiap seribu tayangan iklan media sosial Anda.

Perlu diketahui, CPM adalah tentang tampilan, bukan tindakan. Tidak ada yang perlu dihitung di sini—cukup impor data dari analitik jaringan sosial Anda.

Itu tadi beberapa metrik media sosial yang perlu Anda lacak untuk benar-benar memahami kondisi digital bisnis Anda. Berfungsi untuk menjadi informasi berapa banyak usaha dan uang yang Anda keluarkan, dan berapa banyak yang Anda dapatkan sebagai imbalannya.

 

Di Metamorphosys, kami memiliki tim profesional yang telah bekerja di industri ini selama bertahun-tahun. Kami mengetahui cara bagaimana membantu perusahaan Anda bertumbuh secara cepat dan sustainable. Dengan investasi di tangan yang tepat, kami akan membantu memastikan bisnis Anda di media sosial memberi Anda manfaat lebih banyak dan mendatangkan pelanggan kedepannya.

Mari berkonsultasi dengan tim kami dengan klik button ‘Start Project’ di www.metamorphosys.co.id dan mari kita berkolaborasi untuk menumbuhkan bisnis Anda!

 

Sumber: https://blog.hootsuite.com/social-media-metrics/

Penyunting: Sarah Nuril Iffa


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =